Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng Toyota dan BASF, Ciputra Godok Konsep "Rumah Pintar"

Kompas.com - 11/05/2014, 14:29 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ciputra Group, Toyota Housing Corporation, dan BASF Indonesia menandatangani MOU (Memorandum of Understanding) pengembangan konsep “Smart Home” di Indonesia. Smart Home atau rumah pintar merupakan hunian yang di rancang dengan sistem otomatisasi canggih untuk memberikan kemudahan dalam memantau fungsi bangunan.

Indonesia saat ini telah menjadi negara modern yang tidak lagi melihat rumah sekedar tempat berteduh, tetapi juga sebagai tempat tinggal yang nyaman, green (hemat energi dan meminimalisasi CO2), high tech (mudah dioperasikan), dan efisien. Untuk itulah, konsep rumah pintar sudah sangat cocok untuk diterapkan, karena konsep ini menawarkan sistem otomatisasi canggih untuk memberikan kemudahan dalam memantau fungsi bangunan.

"Misalnya, mengontrol pencahayaan, suhu, multi-media, keamanan, jendela dan pintu, serta banyak fungsi lainnya," Candra Ciputra, CEO Ciputra Group, kepada Kompas.com di Jakarta, Minggu (11/5/2014).

Candra mengatakan, gaya hidup modern yang menerapkan konsep tersebut sudah banyak dikembangkan di banyak negara seperti Eropa, Amerika Serikat maupun Jepang. Untuk itulah, Ciputra Group sebagai pengembang dengan 70 proyek tersebar di 33 kota di seluruh Indonesia, sepakat bekerjasama dengan Toyota Housing Corporation yang merupakan penyedia teknologi smart home terbesar di Jepang, dan BASF sebagai produsen bahan bangunan terkenal ramah lingkungan. Ketiganya berkolaborasi mengembangkan konsep rumah pintar di Indonesia, khususnya di seluruh proyek pengembangan Ciputra Group.

Adapun penandatanganan kerjasama tersebut secara garis besar meliput upaya-upaya untuk mengidentifikasi, mengorganisir dan mempromosikan sustainability development (pembangunan yang berkelanjutan) bagi komunitas masyarakat intelektual dan modern. Kedua, pengembangan penelitian, penerapan teknologi dan materi edukasi hingga rumusan program untuk Smart Home. Ketiga, penyelenggaraan program-program interaktif yang memberikan manfaat, keunikan dan nilai tambah bagi seluruh lapisan masyarakat.

Sebagai langkah awal kolaborasi ketiga perusahaan tersebut, lanjut Candra, adalah mengadakan kompetisi desain untuk menemukan model rumah pintar yang tepat di negara tropis seperti Indonesia. Selanjutnya, Ciputra Group akan membangun "Smart Home" tersebut di salah satu proyeknya untuk diperkenalkan dan digunakan sebagai acuan, sarana pembelajaran, dan model rumah masa depan bagi masyarakat, khususnya konsumen perumahan Ciputra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com