Kompas.com - 11/05/2014, 14:29 WIB
|
EditorLatief
JAKARTA, KOMPAS.com - Ciputra Group, Toyota Housing Corporation, dan BASF Indonesia menandatangani MOU (Memorandum of Understanding) pengembangan konsep “Smart Home” di Indonesia. Smart Home atau rumah pintar merupakan hunian yang di rancang dengan sistem otomatisasi canggih untuk memberikan kemudahan dalam memantau fungsi bangunan.

Indonesia saat ini telah menjadi negara modern yang tidak lagi melihat rumah sekedar tempat berteduh, tetapi juga sebagai tempat tinggal yang nyaman, green (hemat energi dan meminimalisasi CO2), high tech (mudah dioperasikan), dan efisien. Untuk itulah, konsep rumah pintar sudah sangat cocok untuk diterapkan, karena konsep ini menawarkan sistem otomatisasi canggih untuk memberikan kemudahan dalam memantau fungsi bangunan.

"Misalnya, mengontrol pencahayaan, suhu, multi-media, keamanan, jendela dan pintu, serta banyak fungsi lainnya," Candra Ciputra, CEO Ciputra Group, kepada Kompas.com di Jakarta, Minggu (11/5/2014).

Candra mengatakan, gaya hidup modern yang menerapkan konsep tersebut sudah banyak dikembangkan di banyak negara seperti Eropa, Amerika Serikat maupun Jepang. Untuk itulah, Ciputra Group sebagai pengembang dengan 70 proyek tersebar di 33 kota di seluruh Indonesia, sepakat bekerjasama dengan Toyota Housing Corporation yang merupakan penyedia teknologi smart home terbesar di Jepang, dan BASF sebagai produsen bahan bangunan terkenal ramah lingkungan. Ketiganya berkolaborasi mengembangkan konsep rumah pintar di Indonesia, khususnya di seluruh proyek pengembangan Ciputra Group.

Adapun penandatanganan kerjasama tersebut secara garis besar meliput upaya-upaya untuk mengidentifikasi, mengorganisir dan mempromosikan sustainability development (pembangunan yang berkelanjutan) bagi komunitas masyarakat intelektual dan modern. Kedua, pengembangan penelitian, penerapan teknologi dan materi edukasi hingga rumusan program untuk Smart Home. Ketiga, penyelenggaraan program-program interaktif yang memberikan manfaat, keunikan dan nilai tambah bagi seluruh lapisan masyarakat.

Sebagai langkah awal kolaborasi ketiga perusahaan tersebut, lanjut Candra, adalah mengadakan kompetisi desain untuk menemukan model rumah pintar yang tepat di negara tropis seperti Indonesia. Selanjutnya, Ciputra Group akan membangun "Smart Home" tersebut di salah satu proyeknya untuk diperkenalkan dan digunakan sebagai acuan, sarana pembelajaran, dan model rumah masa depan bagi masyarakat, khususnya konsumen perumahan Ciputra.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.