Kompas.com - 09/05/2014, 12:43 WIB
Ilustrasi. www.shutterstock.comIlustrasi.
|
EditorLatief

SAMARINDA, KOMPAS.com - Ciputra Group melalui PT Ciputra Mitra Lestari memperkuat eksistensi dan pengaruhnya di daerah dengan mengembangkan proyek perumahan skala kota CitraGrand Senyiur City Samarinda. Proyek tersebut diluncurkan secara resmi, Kamis (8/5/2014) kemarin.

CitraGrand Senyiur City Samarinda merupakan proyek kedua Ciputra Group di ibu kota Kalimatan Timur. Menempati area seluas 400 hektar, proyek tersebut diklaim sebagai proyek terbesar di Samarinda. Lokasinya terletak di sepanjang tepi Sungai Mahakam, terkoneksi dengan pusat kota melalui Jembatan Mahulu.

Direktur Ciputra Group, Bing Sugiarto Chandra, mengatakan CitraGrand Senyiur City Samarinda dirancang sebagai kota satelit mandiri modern. Kehadirannya akan mengubah wajah sekaligus konstelasi bisnis properti Samarinda.

"Selain mengembangkan klaster-klaster perumahan skala menengah atas, kami juga akan melengkapinya dengan berbagai fasilitas penunjang seperti SMEs Center (Small And Medium Economic Scale), taman perkantoran, area komersial, hotel, perkantorang bertingkat tinggi, pusat belanja, rumah sakit, sekolah, dan sarana ibadah," papar Bing.

Guna merealisasikan megaproyek ini, Ciputra Mitra Lestari menganggarkan dana senilai Rp 250 miliar sebagai investasi awal yang akan digunakan untuk membangun infrastruktur jalan dan utilitas serta distrik pertama yang terdiri dari dua 2 klaster.

Bing optimistis, proyek terbaru ini disambut positif pasar Samarinda. Pasalnya, Bank Indonesia memprediksi pertumbuhan ekonomi Kalimantan Timur pada 2014 lebih tinggi ketimbang tahun 2013, menyusul peningkatan permintaan batu bara di pasar internasional yang berpengaruh positif. 

"Pada gilirannya meningkatkan daya beli masyarakat Kalimatan Timur. Selain itu, perputaran uang di Samarinda juga tinggi senilai Rp 11 triliun. Bahkan, proyek kami sebelumnya, CitraLand City Samarinda mampu mendulang penjualan Rp 250 miliar per tahun," ujar Bing.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Optimisme kami ini terbukti, sebab sejak dibuka secara pre-sale dua minggu lalu, sekitar 250 konsumen telah membayar Uang Tanda Jadi (UTJ) untuk memperebutkan 243 unit rumah klaster 1," tambahnya. 

CitraGrand Senyiur City Samarinda merupakan hasil kolaborasi strategis Ciputra Group dengan mitra lokal yakni Senyiur Group, dan Sumber Mas Group. Chairman Senyiur Group, Mohammad Jos Soetomo menyatakan, bahwa kontribusi CitraGrand Senyiur City Samarinda dalam penataan dan pelebaran kota, sangat penting agar pusat-pusat pertumbuhan sosial dan ekonomi di Kota Samarinda tidak terpusat hanya di satu kawasan yang selama ini sudah sangat padat.

“Saya berharap dengan adanya kota baru ini dapat mengurangi dan meringankan beban Kota Samarinda di masa akan datang. Bagi saya pribadi, proyek ini merupakan bentuk sumbangsih saya terhadap pembangunan daerah agar menjadikan Kota Samarinda lebih baik," kata Jos Soetomo.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X