Pasar Antusias Sambut Kondotel Meski Tingkat Hunian Turun

Kompas.com - 03/05/2014, 09:12 WIB
Koleksi hotel mewah di Bali akan bertambah 25 buah. shutterstockKoleksi hotel mewah di Bali akan bertambah 25 buah.
|
EditorHilda B Alexander

BALI, KOMPAS.com -  Peluncuran proyek baru kondominium hotel (kondotel) sebagai fasilitas akomodasi sekaligus instrumen investasi tak pernah henti. Kendati pasar properti tengah mengalami tekanan akibat melemahnya kondisi ekonomi, proyek baru kondotel terus bermunculan.

Dalam catatan Kompas.com, khusus di Bali, tak kurang dari 15 proyek kondotel baru yang meramaikan pasar hingga kuartal I 2014. Salah satunya adalah Puri Menesa Condotel & Residence yang dikembangkan PT Citra Mutiara Bestari. Pengembang ini menawarkan 35 unit kondotel dan 150 unit apartemen.

Padahal kinerja tingkat penghunian kamar (TPK) hotel di Pulau Dewata ini justru merosot drastis. Menurut catatan perusahaan riset perhotelan STR Global, penurunan TPK mencapai 13 persen. Tarif rerata harian (average daily room rate/ADR) punikut anjlok menjadi 114,38 dollar AS. 

Namun begitu, hal tersebut tak mengurangi tingkat kepercayaan diri PT Citra Mutiara Bestari untuk mendulang penjualan. Menurut Direktur PT Citra Mutiara Bestari, Michael Widjaja, Bali masih menjadi spot wisata dunia. Banyak turis mancanegara dari negara-negara yang selama ini belum mengenal dan berkunjung ke Bali. Selain kunjungan berulang yang terjadi setiap tahun. 

"Bali lebih popular ketimbang Indonesia. Oleh karena itu kami percaya diri mengembangkan kondotel dan apartemen Puri Menesa. Hingga saat ini pun kami mampu meraup penjualan sebanyak 50 unit sejak peluncuran perdana tiga hari lalu. Pasar masih menyambut positif jenis properti kondotel," ujar Michael kepada Kompas.com, Jumat (2/5/2014).

Harga per unit kondotel yang dibanderol mulai dari Rp 600 juta untuk tipe 30 meter persegi, R 1,2 miliar untuk tipe 60 meter persegi, dan Rp 1,5 miliar untuk tipe 90 meter persegi. Harga senilai itu sudah termasuk perabot (fully furnished). Kondotel ini akan dikelola oleh Calliste Hotel.

Puri Menesa juga menawarkan gimmick pengembalian investasi 16 persen dengan komposisi bagi hasil 50:50, serta 30 poin bebas tinggal setiap tahun di kondotel milik pembeli. "Kami juga menawarkan potensi pembayaran kembali sebesar 100 persen pada tahun ke-15," jelas Michael. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.