Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rancangan Arsitektur Ubah Gaya Hidup Masyarakat

Kompas.com - 02/05/2014, 18:18 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Desain bangunan bisa mendorong penggunanya hidup lebih sehat. Hal ini sudah dibuktikan oleh mantan Wali Kota New York City, Amerika Serikat, Michael Bloomberg. Dalam masa kepemimpinannya, Bloomberg menekankan bahwa kota dan desainer bangunan berperan penting dalam usaha mendorong masyarakat hidup sehat lewat olah raga dan kebiasaan baik lainnya.

Untuk mendorong hal ini, Bloomberg juga mendirikan The Center for Active Design, organisasi nirlaba yang membuat acuan "desain aktif" untuk pembangunan rumah murah dan ruang kantor.

The Center for Active Design pun mengadakan acara tahunan pertamanya bertajuk "Excellence Awards". Acara ini memilih proyek inovatif berdesain aktif yang berpengaruh besar pada kehidupan masyarakat. Proyek yang terpilih harus sudah dibangun dan benar-benar memberikan efek pada masyarakat.

"Ada bukti yang semakin kuat, yang membuktikan bahwa tempat kita hidup dan desain komunitas kita punya efek langsung pada kesehatan.Ada kesadaran bahwa desain komunitas punya peran penting dalam kesehatan publik," ujar Direktur Eksekutif The Center for Active Design, Joanna Frank.

Frank mengungkapkan, beberapa taktik sederhana bisa mengubah aktivitas pengguna gedung dan fasilitas. Tempat duduk di sepanjang jalan setapak bisa menumbuhkan jumlah pejalan kaki. Tangga yang diberikan pencahayaan terang dan mudah ditemukan pun bisa mendorong penggunaannya.

"Kita bicara mengenai penggunaan desain agar orang membuat pilihan untuk bergerak sesuai insting yang ingin mereka lakukan," tambahnya.

Berikut ini empat desain bangunan dan fasilitas pemenang "Excellence Awards" yang menerapkan desain aktif tersebut.

SD & TK Buckingham County, Dillwyn, Virginia

Fasilitas ini dibangun oleh VMDO Architects. Sekolah yang ada di pinggir kota ini menghadapi banyak kasus obesitas pada anak. Pihak sekolah kemudian memutuskan untuk meningkatkan akses ke makanan sehat dan segar bagi anak-anak. Sekolah ini juga membuat ruang kelas khusus berbentuk dapur, laboratorium makanan, taman berisi sayur-mayur, dan buah-buahan.

Selain itu, terdapat tangga yang menarik. Tangga tersebut mudah ditemukan dan diterangi oleh sinar matahari. Anak-anak, serta tenaga pengajar bisa memanfaatkan tangga tersebut sebagai pilihan utama untuk berpindah dari satu lantai ke lantai lainnya.

Sekolah ini juga "memaksa" anak-anak untuk lebih banyak bergerak. Meja dan kursi secara khusus didesain agar anak-anak melakukan "gerakan mikro". Mereka bisa menyandar, bergeser, dan melakukan gerakan lainnya.

Fastcoexist.com Sephardic Community Center, Brooklyn, New York.

Sephardic Community Center, Brooklyn, New York

Fasilitas selanjutnya adalah Pusat Komunitas Sephardic di New York. Fasilitas yang ada di bangunan berumur 30 tahun ini direnovasi oleh BKSK Architects.

BKSK menggunakan dinding kaca di sepanjang tangga untuk menaruh lebih dari 400 foto keluarga yang berimigrasi ke Amerika Serikat. Desain bangunan ini membuat sinar matahari bisa masuk dengan mudah, terutama ke daerah tangga yang ada di tengah-tengah bangunan.

Fastcoexist.com Blue Hole Regional Park, Wimberley, Texas.

Blue Hole Regional Park, Wimberley, Texas

Kemudian, ada pula Taman Regional Blue Hole di Texas. Setelah digunakan selama bertahun-tahun, tempat berenang alami ini membutuhkan perbaikan dan perhatian khusus. Tim desain yang dipandu oleh Design Workshop, Inc. ingin membuat taman ini sebagai taman regional.

Taman tersebut harus menyeimbangkan pertimbangan lingkungan dengan penggunaan rekreasional. Hal ini rupanya tidak mudah. Namun, tim tersebut berhasil melindungi 96 persen area dari pengembangan dan menambahkan 29.728 meter persegi taman bermain, lapangan, dan area berkemah.

Fastcoexist.com Greenbridge Master Plan, King County, Washington

Greenbridge Master Plan, King County, Washington

Proyek terakhir yang terpilih adalah proyek revitalisasi hunian murah seluas 40,5 hektar di Seattle. Proyek ini mengikutsertakan pembangunan jalur pejalan kaki dan pengubahan rumah tinggal tunggal menjadi lingkungan multi-fungsi (mixed-use). Daerah pejalan kaki pun dihiasi karya-karya seni yang bisa dimanfaatkan pula sebagai titik kumpul komunitas.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com