Kompas.com - 02/05/2014, 18:18 WIB
Buckingham County Primary and Elementary School, Dillwyn, Virginia Fastcoexist.comBuckingham County Primary and Elementary School, Dillwyn, Virginia
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Desain bangunan bisa mendorong penggunanya hidup lebih sehat. Hal ini sudah dibuktikan oleh mantan Wali Kota New York City, Amerika Serikat, Michael Bloomberg. Dalam masa kepemimpinannya, Bloomberg menekankan bahwa kota dan desainer bangunan berperan penting dalam usaha mendorong masyarakat hidup sehat lewat olah raga dan kebiasaan baik lainnya.

Untuk mendorong hal ini, Bloomberg juga mendirikan The Center for Active Design, organisasi nirlaba yang membuat acuan "desain aktif" untuk pembangunan rumah murah dan ruang kantor.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

The Center for Active Design pun mengadakan acara tahunan pertamanya bertajuk "Excellence Awards". Acara ini memilih proyek inovatif berdesain aktif yang berpengaruh besar pada kehidupan masyarakat. Proyek yang terpilih harus sudah dibangun dan benar-benar memberikan efek pada masyarakat.

"Ada bukti yang semakin kuat, yang membuktikan bahwa tempat kita hidup dan desain komunitas kita punya efek langsung pada kesehatan.Ada kesadaran bahwa desain komunitas punya peran penting dalam kesehatan publik," ujar Direktur Eksekutif The Center for Active Design, Joanna Frank.

Frank mengungkapkan, beberapa taktik sederhana bisa mengubah aktivitas pengguna gedung dan fasilitas. Tempat duduk di sepanjang jalan setapak bisa menumbuhkan jumlah pejalan kaki. Tangga yang diberikan pencahayaan terang dan mudah ditemukan pun bisa mendorong penggunaannya.

"Kita bicara mengenai penggunaan desain agar orang membuat pilihan untuk bergerak sesuai insting yang ingin mereka lakukan," tambahnya.

Berikut ini empat desain bangunan dan fasilitas pemenang "Excellence Awards" yang menerapkan desain aktif tersebut.

SD & TK Buckingham County, Dillwyn, Virginia

Fasilitas ini dibangun oleh VMDO Architects. Sekolah yang ada di pinggir kota ini menghadapi banyak kasus obesitas pada anak. Pihak sekolah kemudian memutuskan untuk meningkatkan akses ke makanan sehat dan segar bagi anak-anak. Sekolah ini juga membuat ruang kelas khusus berbentuk dapur, laboratorium makanan, taman berisi sayur-mayur, dan buah-buahan.

Selain itu, terdapat tangga yang menarik. Tangga tersebut mudah ditemukan dan diterangi oleh sinar matahari. Anak-anak, serta tenaga pengajar bisa memanfaatkan tangga tersebut sebagai pilihan utama untuk berpindah dari satu lantai ke lantai lainnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.