Kompas.com - 02/05/2014, 07:36 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Teknologi LED sudah mulai dikenal luas di Indonesia. Namun, penemuan dan pengembangan di bidang teknologi pencahayaan belum berhenti. Chief Design Officer Philips Lighting, Rogier van der Heide mengungkapkan, pengembangan teknologi LED memudahkan pencahayaan diitegrasikan ke material bangunan dan kain.

Dengan kata lain, pencahayaan bisa tersedia langsung di plafon atau di karpet rumah. Di masa depan, pemilik rumah tidak perlu memasang bohlam lampu seperti saat ini.

"Saya percahaya pencahayaan belum pernah semenarik saat ini. Dengan LED, kita bisa benar-benar menaruh pencahayaan pada berbagai material. Kita bisa membuat plafon bersinar atau bahkan membuat dinding dengan gambar di permukaannya," ujar Van der Heide.

Salah satu produk pencahayaan plafon yang sudah diluncurkan adalah OneSpace. Menurut Van der Heide, produk ini merupakan panel plafon istimewa yang bisa menyediakan pencahayaan sesuai kebutuhan.

"OneSpace tidak memiliki ukuran standar. Kami akan membuat ukuran yang Anda butuhkan. Saya pikir, tingkat personalisasi dan kolaborasi dengan arsitek seperti ini merupakan perbedaan antara pencahayaan yang bagus dan benar-benar luar biasa," tambahnya.

Selain OneSpace, acara Light + Building 2014 yang diadakan di Frankfurt juga memperkenalkan kain-kain bercahaya. Kain ini memiliki lampu LED yang bisa diprogram di balik permukaan kain. Perusahaan penghasil tekstil asal Denmark, Kvadrat, memproduksi kain tersebut.

"Karpet tersebut kami kembangkan bersama dengan perusahaan asal Belanda bernama Desso," ujar Van der Heide. "Kami menambahkan lampu di permukaannya; kami menempatkan piksel di karpet yang bisa menuntun Anda melewati sebuah ruang atau menciptakan pola menarik."

Karpet semacam ini pun bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan darurat, misalnya untuk menunjukkan jalur evakuasi. Selain itu, karena bisa dinyalakan dan dipadamkan, lampu yang ada pada karpet tidak akan mengganggu desain interior secara keseluruhan.

Van der Heide percaya, di masa yang akan datang, LED akan berukuran semakin kecil. Megintegrasikan pencahayaan tersebut pada plafon dan karpet akan menjadi hal biasa.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Dezeen
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.