Kompas.com - 30/04/2014, 19:10 WIB
|
EditorHilda B Alexander
JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen furnitur VIVERE akan merilis koleksi terbaru VIVERE Culture pada 10 May 2014 mendatang, dengan tema “Dayak Art show and cultural”.

Tema ini diambil sebagai bentuk apresiasi VIVERE dalam melestarikan budaya tradisional Indonesia melalui koleksi artwork-nya. VIVERE merancang koleksi terbaru dengan pendekatan modern namun tidak mengurangi unsur budaya tradisional yang memiliki nilai historis tinggi serta unik.

Salah satu artwork yang ditampilkan adalah gendongan bayi versi mini (Miniature Babby Carrier). Suku Dayak Kenyah di Kalimantan Timur, menggunakan gendongan ini untuk membawa dan mengasuh bayi. Karya ini dipenuhi oleh manik-manik di sekelilingnya, yang merupakan ciri khas Dayak. Kesan etnik dan penuh warna sangat menonjol, sekaligus bisa membawa nuansa berbeda pada ruangan interior rumah Anda.

Koleksi artwork selanjutnya adalah "Dayak Digging Stick", sebuah elemen dekorasi dinding etnik yang merupakan kombinasi antara unsur estetika dan fungsi budaya dalam koleksi seri Dayak- Borneo. Koleksi yang dulunya digunakan untuk keperluan budidaya agrikultur ini bisa mempercantik ruangan anda.

Selain itu, terdapat juga "Borneo Tribal Bowl" yang akan melengkapi koleksi interior rumah Anda. Wadah ini terbuat dari kayu Ulin asli Kalimantan, bisa dipakai untuk meletakkan makanan ataupun sekadar sebagai hiasan di meja dekoratif anda. Tersedia dalam berbagai bentuk, seperti Burung Enggrang, naga, rusa dan lainnya.

Koleksi terakhir adalah "Dayak Chiseled Shield". Ini merupakan perisai hasil olah tangan. Perisai ini sarat dengan ukiran dan pahatan sebagai simbol kuno (kamang), dikerjakan dengan rapi dan halus, menjadikannya layak untuk dimiliki dan menambah koleksi artwork Anda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.