Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Sembarangan Menggantung "Artworks"

Kompas.com - 30/09/2011, 20:24 WIB

KOMPAS.com - Memiliki benda-benda seni (artworks) terasa percuma jika diperlakukan sembarangan. Penempatan artworks perlu diatur sedemikian rupa agar mengikuti nilai estetikanya sehingga bisa dinikmati dengan baik.

Ada banyak cara menyiasatinya. Salah satu cara sederhana adalah menggantungnya, seperti bingkai lukisan, foto, atau yang lainnya. Namun, meskipun terkesan sepele, pekerjaan menggantung bingkai-bingkai ini juga tak bisa dilakukan asal-asalan. Simak beberapa tips berikut agar tidak sembarangan menempatkannya di rumah:

- Gantung bingkai sejajar garis mata (eye level). Hanya saja, perlu diingat, bahwa tinggi tubuh setiap orang tidak sama sehingga eye level setiap orang pun berbeda. Seseorang dengan tinggi 1,70 meter tentu akan lebih tinggi dibandingkan orang lain dengan tinggi yang sama (1,70 m) tetapi dalam posisi duduk di kursi. Untuk itu, Anda harus menentukan eye level dengan tinggi rata-rata manusia. Artinya, tinggi maksimal menggantung bingkai adalah antara 120 cm sampai 150 cm.

- Tak ada salahnya Anda menempatkan bingkai berdekatan atau berseberangan dengan sofa atau tempat duduk. Untuk itu, tinggi eye level perlu diturunkan dan disesuaikan dengan tinggi seseorang ketika duduk, yaitu antara 100 cm sampai 120 cm.

- Jika ingin menggantung dua atau tiga buah bingkai, baik secara vertikal ataupun horizontal, ada baiknya Anda mengatur jaraknya secara proporsional. Jarak terlalu lebar akan membuat setiap bingkai seolah berdiri sendiri.

- Mengelompokkan banyak bingkai dalam satu area dinding juga perlu hati-hati, karena Anda perlu menentukan point of interrest. Letakkan bingkai di tengah, dan atur bingkai lainnya di sekitar point of interest.

- Tempatkan satu foto dalam satu bingkai sehingga setiap foto dapat "menceritakan" kisahnya sendiri-sendiri.

- Mengumpulkan berbagai bentuk dan ukuran bingkai dalam satu dinding memang bisa menjadi ide menarik. Hanya, agar tak tampak berantakan, Anda harus memilih bingkai dengan warna sama.

 

Nah, sudah siap menggantung bingkai-bingkai seni di rumah Anda? (Anissa)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com