JSI Bangun Properti 300 Juta Dollar AS di Mega Kuningan

Kompas.com - 21/04/2014, 19:20 WIB
Gedung perkantoran di kawasan Mega Kuningan, Jakarta.  KOMPAS IMAGES/BANAR FIL ARDHI Gedung perkantoran di kawasan Mega Kuningan, Jakarta.
|
EditorHilda B Alexander
JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jakarta Setiabudi International Tbk (JSI) bersiap mengembangkan lahan di lokasi premium kawasan internasional, Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Mereka memanfaatkan lahan seluas 3,6 hektar tersebut untuk properti multifungsi yang akan dimulai konstruksinya pada pertengahan 2015 mendatang.

Properti multifungsi tersebut bakal berisi perkantoran sebanyak dua menara, perhotelan juga dua menara dengan klasifikasi bintang tiga dan lima, serta ruang ritel yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan penghuni perkantoran dan tamu hotel.

Presiden Direktur PT Jakarta Setiabudi International Tbk, Jeffri Darmadi, memastikan rencana perseroan tersebut kepada Kompas.com, Senin (21/4/2014).

"Aspek legal lahan sudah beres dan clear termasuk Surat Izin Penunjukkan Penggunaan Tanah (SIPPT), penetapan koefisien lantai bangunan (KLB), analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal), dan lain sebagainya," tutur Jeffri.

Megaproyek ini diprediksi akan menelan dana sekitar 300 juta dollar AS atau ekuivalen dengan Rp 3,4 triliun. Sebagian dana akan diambil dari hasil penjualan gedung perkantoran menara pertama seluas lebih kurang 60.000 meter persegi, sebagian lagi dari ekuitas perusahaan.

Menurut Jeffri, strategi mengembangkan properti campuran strata dan sewa adalah untuk menopang pertumbuhan perusahaan sekaligus menjaga neraca supaya tetap seimbang.

"Kami tidak akan melepas semua properti untuk dijual. Sebagian pasti akan kami pertahankan (keep) sebagai sumber pendapatan berkelanjutan. Dengan demikian, kami bisa belanja lahan dan mengembangkan proyek baru lagi," katanya.

Kehadiran properti multifungsi milik JSI ini menambah panjang daftar megaproyek serupa dan membuat ketat persaingan di Mega Kuningan. Sebelumnya telah hadir properti-properti komersial, dan residensial baik eksisting maupun dalam tahap konstruksi.

Properti-properti tersebut antara lain Bellagio Mansion, Bellagio Residence, Oakwood Cozmo, The Ritz Carlton Hotels and Residence, JW Marriott Hotel, Plaza Mutiara, Menara DEA, The East Tower, Menara Prima 1 dan 2, The Hundred, World Capital Tower, dan Noble House.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar di artikel lainnya
Close Ads X