Kompas.com - 10/04/2014, 18:17 WIB
Desainer Jasna Sokolovic membuat lampu-lampu dari kertas daur ulang. Sokolovic juga menggunakan keramik dan kabel bahan untuk lampunya.c DwellDesainer Jasna Sokolovic membuat lampu-lampu dari kertas daur ulang. Sokolovic juga menggunakan keramik dan kabel bahan untuk lampunya.c
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief

KOMPAS.com - Limbah tak selalu hanya menjadi sumber masalah. Desainer yang bergabung dalam Dear Human, yaitu Jasna Sokolovic dan Noel O’Connell, membuat lampu daur ulang dari limbah kertas, keramik, dan kabel berbalut benang. Limbah kardus, kertas, dan karton wadah telur mereka olah kembali menjadi tudung atau rumah lampu menarik.

"Kertasnya sendiri mendikte hasil akhir," ujar O’Connell mengenai bentuk lampu hasil daur ulangnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ini adalah media baru untuk mencoba sesuatu yang berbeda," tambahnya.

Cerita di balik sepak terjang studio Dear Human yang menaungi dua desainer itu sangat menarik. Mereka berbagi gedung dengan pabrik kain. Karena itu, dengan mudah keduanya bisa mendapatkan pasokan karton dan kardus-kardus dari pabrik tersebut. Sebelum mulai membuat produk, mereka perlu melumatkan kertas-kertas itu agar mudah dibentuk.

Menurut O’Connell, proses pembuatan lampu ini mirip dengan pembuatan barang-barang dari tanah liat. Bahkan, setelah dibentuk, setiap lampu pun perlu dibakar dalam tungku yang dikendalikan dengan komputer.

"Kami bersemangat mengenai prosesnya dan punya daftar panjang ide untuk dimodifikasi di masa depan," ujar O’Connell.

Seperti dikutip dalam Dwell, O’Connell masih ingin bereksperiman dengan desain lampunya sembari mengusahakan produksi lampu dalam skala besar. Tujuan para desainer ini, mereka ingin membuat lampu kertas sempurna.

Anda terinspirasi?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.