Kompas.com - 08/04/2014, 12:01 WIB
Arsitek Raymond Moriyama DezeenArsitek Raymond Moriyama
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief

KOMPAS.com - Kanada siap memberikan hadiah senilai lebih dari Rp1 miliar bagi arsitek berprestasi dari seluruh dunia. Bersama arsitek Raymond Moriyama, Royal Architectural Institute of Canada (RAIC) baru saja meluncurkan ajang penghargaan bernama Moriyama RAIC International Prize.

Seperti dikutip Dezeen, ajang penghargaan tersebut akan memberikan 100.000 dollar Kanada (sekitar Rp1 miliar) dari rekanan yang berasal dari negara mana pun di dunia. Jumlah hadiah penghargaan ini rupanya terbesar di antara penghargaan arsitektur lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, tak mudah mendapatkan hadiah tersebut. Rekanan arsitek perlu membangun gedung, karya arsitektur, atau proyek "luar biasa".

Hebatnya lagi, penghargaan tersebut tidak tertutup hanya khusus para arsitek. Kompetisi ini juga berlaku bagi peserta non-arsitek yang mau memberikan kontribusi istimewa untuk membangun lingkungan.

"Harapan saya, penghargaan ini tidak hanya akan meningkatkan pamor RAIC dalam dunia internasional, namun juga Kanada, serta menginspirasi penduduk Kanada dan arsitek asal Kanada untuk bercita-cita lebih tinggi," ujar pernyataan Moriyama, seperti dikutip dalam Dezeen.

Adapun penghargaan tersebut bukan penghargaan seumur hidup. Moriyama menuturkan, siapa pun, baik tua maupun muda, bisa mendaftar dan memiliki peluang memenangkan penghargaan ini. Karena, sesuai nama dan jargonnya, kompetisi terbuka tentu boleh diikuti oleh semua orang.

Selain penghargaan bagi para arsitek profesional, penghargaan ini juga menyediakan beasiswa senilai 5.000 Dolar Kanada (sekitar Rp51,6 juta) bagi mahasiswa di universitas asal Kanada. Mereka akan dipilih berdasarkan hasil kompetisi menulis esai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Dezeen
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.