Kompas.com - 08/04/2014, 08:38 WIB
Perusahaan rintisan asal Montreal, Breather, membuat Anda bisa menghabiskan waktu dengan tenang di beberapa kota. Caranya, hanya dengan mengunduh aplikasi, membayar sejumlah uang, Anda bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk tinggal dalam waktu terbatas di hunian istimewa dalam kota-kota tersebut. Breather.comPerusahaan rintisan asal Montreal, Breather, membuat Anda bisa menghabiskan waktu dengan tenang di beberapa kota. Caranya, hanya dengan mengunduh aplikasi, membayar sejumlah uang, Anda bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk tinggal dalam waktu terbatas di hunian istimewa dalam kota-kota tersebut.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com -- Gedung-gedung apartemen dan hotel di seluruh dunia tidak semuanya terisi. Sebagian ruang ditinggalkan kosong begitu saja selama berhari-hari, bahkan berbulan-bulan. Sebuah perusahaan rintisan asal Montreal, Kanada, bernama Breather, menemukan solusi mengatasi hal ini. Mereka ingin mempersembahkan ruang tidak terpakai tersebut bagi orang yang membutuhkannya.

Breather adalah layanan yang memungkinkan penggunanya menikmati tempat hening tidak terpakai tersebut untuk bekerja atau beristirahat selama maksimal 120 menit. Layanan ini memastikan penggunanya bisa menikmati ruang privat, hening, bersih, aman, dan sesuai kebutuhan pengguna. Penggunanya pun tidak diperbolehkan melakukan tindakan asusila maupun kriminal di tempat-tempat yang disediakan Breather.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Chief Engineer dan CTO Breather, Evan Prodromou, mengungkapkan, "(Ruang-ruang) ini adalah apartemen teman baik yang benar-benar Anda iri. Sebuah tempat yang nyaman untuk duduk dan mengerjakan sesuatu."

Lantas, bagaimana cara kerjanya? Calon pengguna layanan Breather perlu mengunduh aplikasi Breater dari App Store. Aplikasi tersebut akan mengirimkan enam digit nomor ke kunci hotel bernama Oracode 660K yang dibuat oleh ILCO. Selain menggunakan aplikasi, pemesanan kamar pun bisa dilakukan lewat komputer dengan masuk ke situs Breather.com.

"Kami menggunakan kunci ILCO untuk memetakan reservasi pada waktu tertentu di kunci yang Anda gunakan. Anda diharapkan tiba pada pintu tersebut pada waktu yang sudah ditentukan. Kami akan memberikan kode yang bisa digunakan 15 menit sebelum hingga 15 menit sesudah perjanjian. Kami memberikan Anda waktu tenggang," ujar Prodromou.

Berbagai penjelasan teknis memang disediakan oleh Breather. Namun, dari sisi penghuni kota, intinya Anda bisa mengakses ruang kosong yang nyaman dan aman dengan mudah. Penemuan Breather ini bisa menjadi jawaban dari kegundahan mencari ruang beristirahat, bahkan ruang rapat tanpa perlu beramai-ramai pergi ke restoran atau kafe.

Hingga kini, Breather baru memiliki 10 ruang yang tersebar di Montreal (lima kamar), New York (lima kamar), dan akan ada pula di San Francisco pada Mei mendatang. Setiap ruang disewakan dengan harga 15 dollar AS (sekitar Rp 169.953,22) hingga 25 dollar AS (sekitar Rp 283.255,36) per jam. Di situs resminya, Breather membuka kesempatan kerja sama di tiga area tersebut. Untuk kota-kota yang belum terdaftar, Breather mendorong penghuni kotanya meminta sebanyak mungkin agar mereka bisa melakukan ekspansi.

Seperti dikutip dalam Fastcolabs.com, setidaknya hingga awal bulan ini, 11.863 pengguna sudah tercatat. Sebanyak 652 orang sudah menggunakan jasa Breather, dan 410 di antaranya aktif menggunakan dalam 30 hari terakhir. Jadi, jika Anda sedang merencanakan kunjungan ke Montreal, New York, atau San Francisco, Anda bisa menggunakan layanan ini dan turut serta mengisi ruang kosong tidak terpakai.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Fastcolabs
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.