Begini, Trik Memilih Lampu di Ruang Makan!

Kompas.com - 05/04/2014, 15:47 WIB
Ilustrasi ruang makan dengan lampu gantung yang cantik. Menurut desainer Estee Stanley, Anda perlu menyediakan nuansa yang tepat di ruang makan dengan lampu pilihan Anda. Trevor Tondro / DomaineIlustrasi ruang makan dengan lampu gantung yang cantik. Menurut desainer Estee Stanley, Anda perlu menyediakan nuansa yang tepat di ruang makan dengan lampu pilihan Anda.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief

KOMPAS.com - Pemilik rumah biasanya sudah terlalu sibuk memilih furnitur hingga lupa melengkapi rumahnya dengan pencahayaan yang tepat, terutama di ruang-ruang "transisi", misalnya foyer (area pintu masuk), lorong, dan ruang makan. Desainer Estee Stanley sadar bahwa pemilihan pencahayaan yang tepat merupakan hal penting.

Tidak hanya penampilan sebuah ruangan, nuansa dan mood di ruangan tersebut akan sangat dipengaruhi oleh pencahayaan. Berikut ini panduan mudah bagi Anda yang ingin memilih pencahayaan di ruang makan.

"Ketika memilih lampu untuk ruang-ruang makan, menciptakan mood bagi pengalaman menyantap makanan adalah hal penting," ujar Stanley. "Secara pribadi, saya menggunakan ukuran dan gaya meja makan sebagai titik mula bagi jenis pencahayaan pilihan saya."

Stanley juga mengatakan perlunya menyeimbangkan skala dan proporsi antara lampu di ruang makan dengan ukuran ruang tersebut. Hal ini memberikan banyak keuntungan, misalnya seluruh ruangan bisa mendapat cahaya seimbang, dan tidak ada sudut gelap di ruangan.

Lantas, bagaimana dengan gaya lampu tersebut? Di restoran-restoran, Anda tentu menyadari penggunaan lampu gantung dramatis yang mempercantik ruangan dan membuat kegiatan menyantap makanan jadi lebih istimewa. Menurut Stanley, Anda juga bisa membawa hal ini ke ruang makan di rumah.

"Menggunakan chandelier (lampu gantung) dramatis di pusat meja merupakan cara elegan dan chic untuk menyatukan seuruh ruangan bersama sekaligus menyediakan cahaya yang cukup di atas meja," ujarnya.

Namun, jika enggan menggunakan lampu gantung klasik dan dramatis, Stanley mengajak Anda mencoba mengelompokkan beberapa lampu gantung dengan ketinggian berbeda untuk menarik perhatian ke pusat meja. Cara ini bisa membuat meja makan dan lampu tersebut menjadi titik fokal ruang makan.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan lampu-lampu dinding untuk menonjolkan hiasan dinding, cermin, maupun sekadar untuk membuat ruang makan tampak lebih gaya. Cermin bisa memantulkan cahaya temaram dari pencahayaan yang memang dikhususkan untuk membangun mood di ruang makan.

Selamat mencoba!



Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X