Kompas.com - 02/04/2014, 14:35 WIB
Pemilihan furnitur yang tepat merupakan salah satu kunci dalam mendekor ruang kerja efektif. Setidaknya, itulah yang sudah dilakukan oleh Google. Fastcodesign.comPemilihan furnitur yang tepat merupakan salah satu kunci dalam mendekor ruang kerja efektif. Setidaknya, itulah yang sudah dilakukan oleh Google.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief

KOMPAS.com - Membangun perusahaan rintisan (start-up) memang tidak mudah. Anda perlu menarik perhatian klien, dan di saat yang sama juga menjamin para karyawan tetap terinspirasi. Google Ventures memberikan sedikit "bocoran" rahasia bagi Anda yang ingin membuat kantor efektif.

Seperti dikutip dalam Fastcodesign.com, menurut Jake Knapp dari Google Ventures, tim Anda butuh "ruang perang" atau "war room". Celakanya, menurut Knapp, jumlah war room itu justeru sangat sedikit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya terkejut dengan perusahaan teknologi yang menyediakan ruang bagi meja permainan foosball (yang jarang digunakan), tapi tidak mendedikasikan ruang untuk proyek terpenting mereka," ujar Knapp.

Knapp bilang, untuk menyelesaikan masalah desain yang kompleks, Anda butuh menelusuri banyak hal. Sebagai manusia, daya ingat jangka pendek kita tidak begitu baik. Namun, memori spasial kita luar biasa.

Untuk itulah, Knapp menyarangkan, Anda perlu mengisi ruang kerja dengan banyak catatan. Cara ini membuat Anda mengambil keuntungan dari memori spasial tersebut. Knapp mengaku yakin, Anda akan mulai menyadari di mana informasi tersedia. Anda akan memperbesar kemampuan untuk mengingat banyak hal.

Fastcodesign.comBukan tanpa alasan Google sukses dalam bisnis maupun desainnya. Fastcodesign.com menampilkan "ruang perang" atau "war room" Google Ventures yang layak disimak untuk perusahaan rintisan Anda! 

Selanjutnya, Knapp bersikeras untuk menuangkan ide-ide Anda dan rekan kerja pada benda fisik. Catatan lengket (sticky note) atau papan tulis merupakan sarana yang tepat. Gunakan dan manfaatkan barang-barang ini sebaik mungkin.

Di saat sama, Anda juga perlu sadar bahwa Anda tidak bekerja sendiri. "Ruang perang" adalah ruang untuk mengatur strategi bersama-sama. Tukar, satukan pikiran, tuangkan dalam catatan, letakkan di dinding, dan gunakan hal tersebut untuk membangun ide, dan pengertian antar kolega. Cara ini juga membuat kerja Anda efektif. Anda tidak perlu lagi membahas hal yang sama berulang kali.

Masih belum jelas? Knapp memberikan beberapa barang yang secara khusus disediakan dalam Google Ventures. Kantor Anda mungkin juga membutuhkannya.

Pertama, sediakan banyak permukaan untuk menaruh atau menggambar diagram, menempelkan catatan, hasil cetak, storyboard, dan banyak hal lainnya. Anda butuh permukaan yang melimpah. Gunakan papan tulis, jendela, atau dinding kosong yang bisa Anda gunakan untuk menempel barang-barang ini.

Kedua, buat ruang yang didedikasikan untuk proyek, bukan untuk pertemuan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.