Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Rumah Melejit, Suku Bunga KPR Inggris Bakal Naik

Kompas.com - 02/04/2014, 11:52 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Bank Sentral Inggris (The Bank of England/BoE) kemungkinan akan memperkenalkan standar pinjaman yang lebih ketat bulan April ini, setelah kredit pemilikan rumah (KPR) di Inggris mencapai rekor tertinggi.
 
Menurut BoE, permintaan KPR melonjak sebesar 40 persen tahun lalu hingga Januari 2014. Inilah alasan mereka meningkatkan porsi pendapatan peminjam dibanding rasio kredit yang diperbolehkan. 

Komite Kebijakan Keuangan BoE juga telah meminta bank penyalur KPR untuk mempertimbangkan konsekuensi peningkatan suku bunga. Pasalnya, BoE telah mempertahankan suku bunga acuan pada angka 0,5 persen selama lima tahun terakhir, dan itu tak pernah berubah.

BoE mengisyaratkan kenaikan suku bunga acuan secara bertahap hingga mencapai 3 persen dalam dua atau tiga tahun ke depan. Setelah standar pengetatan ini berlaku, bank penyalur KPR akan memastikan kesanggupan debitur membayar cicilan lebih tinggi dengan suku bunga baru.

Harga rumah melejit

Kantor Statistik Nasional, pekan lalu, mengungkapkan bahwa harga rumah di Inggris mencapai rerata 245.000 poundsterling atau setara Rp 4,7 miliar. London tampil memimpin dengan harga 23 persen di atas pencapaian tertinggi sebelum resesi 2008.

Karena itu, Komite Kebijakan Keuangan BoE, akan tetap waspada terhadap kerentanan yang muncul dan akan terus memantau kondisi melalui kebijakan proporsional dan tindakan pencegahan bila diperlukan.
 
BoE juga akan membuat bank melakukan "uji tekanan" untuk memastikan apakah mereka akan mengalami kesulitan jika terjadi penurunan tajam harga rumah akibat kenaikan suku bunga.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com