Kompas.com - 01/04/2014, 08:25 WIB
Kursi dari kain berlapis karya Richard Hutten. Kursi ini dibuat dari 545 lapisan kain Kvadrat. Kursi ini akan diluncurkan bulan depan di Milan. Richard HuttenKursi dari kain berlapis karya Richard Hutten. Kursi ini dibuat dari 545 lapisan kain Kvadrat. Kursi ini akan diluncurkan bulan depan di Milan.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Tahun ini, Milan kembali menjadi saksi hasil karya istimewa dari desainer berbakat. Perancang asal Belanda Richard Hutten akan meluncurkan kursi unik yang terbuat dari 545 lapisan kain produksi Kvadrat bulan depan. Kursi penuh warna ini memiliki karakteristik yang luar biasa.

Kursi ini menggunakan 840 m2 kain Kvadrat berjenis Divina. Menurut sang desainer, warna-warna yang dia gunakan terinspirasi langsung dari sebuah gurun di Arizona bernama Painted Desert. Pigmen dengan warna serupa bisa ditemukan dengan mudah pada batu-batu berlapis di daerah tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya ingin agar desainnya mengenai tekstil. Daripada hanya menggunakan material sebagai pelapis, saya menciptakan objek dengan material tersebut," ujar Hutten.

Setiap lapis kursi ini memiliki warna berbeda. Setidaknya, ada 100 warna yang digunakan pada kursi tersebut.

Simak video mengenai kursi unik tersebut berikut ini. Video tersebut menggambarkan dramatisasi proses pembuatan kursi dari 545 lapisan kain. Setiap kain dipotong dengan mesin CNC dan secara manual direkatkan satu demi satu.

Kursi bernama Layers Cloud Chair ini sebenarnya sudah pernah dibuat oleh Hutten. Sebelumnya, Hutten membuat kursi serupa dengan menggunakan aluminium. Kini, dengan menggunakan cetakan yang sama, sang desainer membuat kursi unik.

Sebagai catatan, Kvadrat merupakan salah satu perusahaan pembuat kain istimewa terdepan di Eropa. Menurut situs resminya, produk-produk buatan perusahaan ini sudah digunakan di Swiss Re (London), Museum of Modern Art (New York), Walt Disney Concert Hall (Los Angeles), Reichstag (Berlin), Guggenheim Museum (Bilbao), dan Guangzhou Opera House (China) .



Sumber Dezeen

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.