Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beginilah Tampilan Furnitur Masa Depan

Kompas.com - 31/03/2014, 15:04 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber Dezeen

KOMPAS.com - Desainer barang industri (industrial designer) Konstantin Grcic mencoba membuka mata dunia mengenai kemungkinan furnitur-furnitur di masa depan. Grcic bekerja sama dengan kurator di Museum Desain Vitra dan menciptakan instalasi ruangan-ruangan tempat berkegiatan di masa depan.

Perlu dicatat, pameran ini merupakan hasil pandangan pribadinya mengenai peran desain di antara masyarakat modern.

Direktur Museum Desain Vitra, Mateo Kries menimbang bahwa Grcic merupakan salah satu desainer penting di abad ini. Karyanya yang radikal perlu disimak. Begitu pula pendekatan dan estetika karyanya.

"Dia (Grcic, red) tengah berada di puncak karirnya, namun dia belum pernah membuat pameran yang menampung dunia visual, tema serta naratif, yang menginspirasinya. Ini adalah beberapa alasan mengapa kami memutuskan untuk bekerja bersamanya dalam pameran tunggal berskala besar," ujar Kries.

Instalasi yang ada di dalam pameran begitu menarik. Pengunjung bisa menyimak barang-barang dekor fiksi. Di saat yang sama, pengunjung juga bisa menyimak hasil karya Grcic yang ikonik dan sudah diproduksi secara masal, misalnya lampu Mayday untuk Flos dan Chair One untuk Magis.

Dalam pameran ini, Grcic menggunakan simbol-simbol, seperti pagar besi, yang menjadi perlambang batasan dan area aman bagi penghuni rumah. Di dalam pagar besi tersebut, Grcic mengandaikan sebuah lingkungan yang aman bagi pengunjung pameran. Di dalam area ini, para pengunjung bisa berinteraksi atau mencoba sendiri furnitur buatannya.

Konstantin Grcic Barang-barang yang ditampilkan dalam pameran tunggal Konstantin Grcic memberikan gambaran barang di masa depan.

Di area terakhir (dalam ilustrasi) pengunjung bisa melihat Object Space. Dengan gaya museum, para pengunjung bisa melihat barang-barang hasil koleksi Grcic dan produk buatan sang desainer.

Selain barang-barang hasil kreasi dan koleksinya, Grcic juga berbagi pandangan mengenai perubahan di industri desain yang sudah dia saksikan selama karirnya. Dia juga berbagi mengenai pandangannya atas produksi massal.

"Industri, artinya stardardisasi berputar antara produk serupa bagi semua orang, adalah konsep kuno. Saat ini, industri menciptakan perbedaan, variasi, dan kemungkinan untuk membuat proyek hasil kustomisasi meski dalam skala industrial, itu indahnya," ujarnya.

Pameran berjudul Panorama ini bisa diakses di Vitra Design Museum hingga 14 September 2014 mendatang. Grcic memproduseri pameran bersama Z33 House for contemporary art di Hasselt, Belgia. Saksikan video wawancaranya dalam tautan berikut ini

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com