Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertenaga Surya, Meja Bisa Menjadi "Kawan Baik" Ponsel Anda!

Kompas.com - 12/03/2014, 14:59 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber Dezeen
KOMPAS.com - Di masa yang akan datang, para pelajar dan pekerja tak perlu lagi sibuk mencari stop kontak dan mencari sumber listrik untuk mengisi baterai ponsel dan tablet mereka. Sejatinya, semua sudah tersedia di satu meja.

Sebagai pengawal teknologi tersebut, desainer asal Belanda Marjan van Aubel mendesain sebuah meja yang akan membangkitkan listrik dan mengisi baterai gadget. Proses ini digunakan sang desainer tak ubahnya dengan fotosintesis.

Meja tersebut bernama "The Current Table". Bagi pengguna awam, menggunakan meja ini sangat mudah. Penggunanya hanya perlu menghubungkan ponsel, tablet, atau perlengkapan lain menggunakan kabel USB ke meja ini.

Selama permukaan meja memiliki akses ke sinar matahari, meja tersebut bisa mengisi baterai alat-alat elektronik. Sang desainer mengungkapkan dalam Dezeen, ada dua lubang penghubung kabel USB di meja tersebut.

"Jumlah sinar matahari yang diterima bumi dalam satu hari mampu memberikan tenaga bagi semua perlengkapan elektronik milik kita dalam setahun penuh," ungkap  van Aubel, lulusan Royal College of Art.

"Pertaannya hanya bagaimana menangkap dan menyimpan tenaga tersebut, serta bagaimana memindahkannya ke perangkat tertentu pada waktu dibutuhkan," ujarnya.

Sebenarnya, tidak hanya teknologinya yang menarik. Desain meja ini pun patut disimak. Bentuknya ramping, keempat kakinya membentuk segitiga di bawah meja. Kesan moderen, ringan, dan sederhana justeru menjadi daya tariknya. Belum lagi, permukaan meja berwarna oranye tampak unik dan terkesan muda.  

Van Aubel menggunakan partikel kecil titanium dioksida pada kaca bening kemudian diberikan warna oranye. Ketika terkena sinar atahari, elektron yang disimpan dalam titanium dioksida dilepaskan dan kemudian menciptakan arus listrik. Ketika tidak digunakan, listrik disimpan dalam baterai.

Simak presentasi mengenai The Current Table berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dezeen


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com