Ternyata, Tidak Sulit Bikin Rumah Terang dan Lapang

Kompas.com - 29/03/2014, 08:04 WIB
Pertama, usahakan warna cat yang Anda pilih www.houzz.comPertama, usahakan warna cat yang Anda pilih "bercerita" mengenai rumah dan hidup Anda.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander

Tapi ingat, hal ini masih konsep. Meski teorinya warna-warna netral akan dengan mudah membuat ruang tampak serasi, praktiknya tidak semudah membalik telapak tangan. Karena itu, Clement Designs memberikan contoh istimewa dalam mendekor ruang keluarga menggunakan warna dasar putih yang terang. Berikut ini caranya.

Clements Design menggunakan putih terang sebagai warna dasar. Perusahaan ini kemudian memilih secara khusus kelompok warna serta aksen ekletik untuk melengkapi ruang keluarga. Bagi negara-negara empat musim, mendekor interior dengan warna putih cerah seperti ini bisa menceriakan dekorasi rumah selepas musim dingin yang gelap. Bagi negara tropis, dekorasi berwarna terang memberikan kesan "ringan" dan lebih segar bagi interior.
 
Untuk mendapatkan tampilan ruang keluarga yang istimewa menggunakan warna putih, pertama-tama Anda perlu membuat ruangan seperti kanvas kosong. Gunakan cat berwarna putih untuk menutup dinding dan plafon. Pilih ubin atau penutup lantai lain dengan warna serupa. Cara ini membuat semua permukaan di ruangan Anda berwarna terang. Cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah bisa dipantulkan dengan sempurna.
 
Putih yang sempurna tidak selamanya nyaman dipandang. Karena itu, Anda perlu nuansa warna yang lebih tua untuk menyempurnakan aksen ruangan. Setelah mewarnai ruangan dengan cat putih, kini tiba waktunya Anda memasukkan berbagai furnitur berwarna abu-abu. Kursi "wingback", sofa, dan berbagai aksen berwarna abu-abu menurut Clements Design cocok untuk melengkapi ruang keluarga berdasar putih.
 
Abu-abu saja tidak cukup. Clements Design menekankan bahwa Anda butuh aksen kayu untuk memastikan ruangan yang Anda miliki lebih kaya tekstur. "Ruangan terang seperti ini bukan tempat yang cocok bagi mahogani atau walnut. Tidak, kayu berwarna gelap tidak diterima di sini. Alih-alih, pilihlah kayu yang berwarna hampir putih," ujar Clements Design seperti dikutip Domainehome.
 
Bagaimana menurut Anda? Tidak sulit, kan, membuat ruang keluarga bergelimang cahaya?
 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.