Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Rahasia Kamar Tidur Nyaman

Kompas.com - 18/03/2014, 19:06 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Pecinta warna-warna tegas, tebal, dan terang kini bisa bernapas lega. Setelah lama "mengalah" dan rela menggunakan warna-warna netral yang membosankan, kini bisa memasukkan warna-warna kesukaan ke dalam kamar tidur tanpa menganggu kenyamanan istirahat.

Desainer Scot Meacham Wood mengatakan, kamar tidur utama yang menenangkan bisa menggunakan warna-warna tegas (bold colour).

"Saya suka dengan istilah relaxing retreat. Dua kata tersebut penuh dengan janji, namun keduanya juga bisa memiliki banyak makna berbeda bagi setiap orang," ujar sang desainer mengenai kamar tidur utama yang harus menjadi tempat nyaman untuk beristirahat.

Menurut Wood, biasanya sebagai desainer, dia akan bertanya kepada klien mengenai intensitas penggunaan ruang dan waktu-waktu tertentu ruangan tersebut digunakan. Wood memberi contoh, ruang makan untuk menyantap sarapan pagi biasanya memiliki nuansa warna yang lebih terang.

Sementara itu, kamar tidur biasanya cenderung lebih gelap. Warna-waran ini seolah mengikuti waktu penggunaannya. Lantas, bagaimana jika sang pemilik rumah menginginkan hal berbeda? Misalnya, sang pemilik ingin agar seluruh rumah menggunakan warna-warna tegas?

"Kini, jika ingin menggunakan palet warna yang lebih tegas di seluruh rumah, Anda bisa bermain dulu dengan warna sebelum membawanya ke kamar tidur. Saya mungkin akan menurunkan sedikit warna merah pemadam kebakaran ke warna yang lebih dalam, seperti burgundi atau oxblood sebelum memasukkannya pada skema warna kamar tidur," ujar Wood.

Wood juga menegaskan bahwa Anda punya cara lain untuk membuat ruang tampak memiliki warna-warna lebih tegas. Alih-alih menggunakan cat dinding, Anda bisa menggunakan papan di bagian kepala tempat tidur dengan warna menyala. Cara ini akan menambah "drama" dalam kamar tidur Anda tanpa membuatnya "berat" karena warna dinding berlebihan.

"Di ruang mana pun, seringnya justru detail yang membuat ruang tersebut luar biasa," ujar Wood.

Terakhir, Wood juga meminta Anda menengok kamar yang didesain oleh Lindsey Coral Harper (lihat ilustrasi). Kamar tersebut, menurut Wood, benar-benar mementingkan detail. Perhatikan tempat duduk berlapis warna merah di ujung tempat tidur, tudung lampu meja hasil penyesuaian, dan penutup jendela istimewa.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com