Lirik Indonesia, BlackBerry Jual Aset Properti

Kompas.com - 24/03/2014, 14:11 WIB
Kantor Pusat BlackBerry di Kanada todayonline.comKantor Pusat BlackBerry di Kanada
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - BlackBerry mengumumkan kesepakatan untuk menjual sebagian besar aset propertinya di Kanada. Penjualan aset tersebut ditujukan untuk meningkatkan efisiensi operasional perusahaan dan ekspansi ke pasar negara berkembang.

Aset properti yang mereka jual mencakup bangunan seluas 278.709 meter persegi dan lahan kosong. Dari kesepakatan penjualan ini, BlackBerry mengharapkan dapat meraup dana sebesar 491 juta dollar AS atau setara Rp 5,5 triliun.

Kanada telah menjadi basis operasi BlackBerry sejak perusahaan ini didirikan pada 1984 silam. "Penjualan properti yang sukses di negara ini akan membantu kami bergerak menuju tujuan utama yakni efisiensi operasional perusahaan," ujar CEO BlackBerry, John Chen.

Chen melanjutkan, BlackBerry juga tetap berkomitmen untuk mempertahankan kehadirannya di Kanada dan akan mempertimbangkan Waterloo sebagai kantor pusat globalnya.

Sebelumnya, BlackBerry diketahui gagal menarik investor baru pada November lalu. Mereka pun banting setir dengan meningkatkan penjualan obligasi perusahaan senilai 1 miliar dollar AS (Rp 11,4 triliun).

Pasar Indonesia

Dominasi BlackBerry di pasar ponsel pintar hancur karena persaingan ketat nan 'abadi' antara dua produsen handset raksasa, Apple dan Samsung. Padahal, sebelum persaingan tersebut terjadi, BlackBerry sempat menguasai 55 persen pangsa pasar ponsel pintar pada 2009.

Kondisi tersebut memaksa mereka untuk melirik pasar yang sedang berkembang. Baru-baru ini, BlackBerry menandatangani kesepakatan dengan Foxconn mengembangkan ponsel untuk pasar Indonesia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X