Kompas.com - 18/03/2014, 08:02 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Inovasi bisa dimulai dari hal-hal paling sederhana. Agensi kreatif asal Jerman-Latvia, Flow Design, membayangkan kembali kebiasaan menggantung pakaian sehari-hari. Jika biasanya setiap gantungan baju memiliki pengait, Cliq hanya menggunakan magnet.

Cara ini lebih praktis dan relatif lebih cepat. Penggunanya hanya perlu menggeser gantungan untuk memberi ruang bagi lebih banyak baju, menariknya untuk mengambil baju, serta mendekatkan gantungan pada baja untuk menggantungnya. Selain itu, setiap gantungan baju mampu menahan baju dengan bobot hingga dua kilogram.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, Cliq menggunakan magnet untuk menempelkan pakaian pada gantungan. Hal ini memberikan satu lagi kelebihan bagi para penggunanya. Magnet yang bertemu magnet lain akan saling menolak. Karena itu, satu pakaian dengan pakaian lainnya akan saling menjauh. Anda tidak perlu khawatir pakaian penuh payet akan rusak oleh pakaian jaring yang diletakkan di dekatnya.

Para desainer dalam Flow Design sadar, magnet buatan tidak bertahan selamanya. Namun, mereka juga menyatakan bahwa magnet dalam Cliq cukup kuat dan tahan lama. "(Magnet) akan berkurang efektivitasnya kurang dari satu persen dalam lebih dari sepuluh tahun," ujar para desainer. 

Menurut situs resminya, Flow Design menyediakan Cliq dengan warna kayu, hitam, dan putih. Pemesan pun bisa membeli Cliq berikut ukiran nama di permukaannya. Saat ini, Flow Design masih membuka pemesanan awal dan baru akan dikirim Mei 2014 mendatang. Pemesan hanya perlu membayar 149 Euro (sekitar Rp 2,3 juta) per gantungan.

Penasaran dengan gantungan tersebut? Berikut ini video yang dipublikasikan oleh Flow Design.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Dezeen

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.