Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Tambah Koleksi Hotel Supermewah

Kompas.com - 17/03/2014, 15:06 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kategori apalagi yang harus dipenuhi Jakarta untuk menjadi salah satu metropolitan yang diperhitungkan dunia? Meski dalam perspektif kelayakan huni, Jakarta masih jauh tertinggal di belakang Singapura, dan Kuala Lumpur, namun di sektor properti perhotelan, Jakarta sudah lama unjuk taji.

Terbaru adalah kehadiran Waldorf Astoria Hotel & Resorts yang merupakan merek supermewah milik Hilton Worldwide di kompleks pengembangan multifungsi Thamrin Nine, Jakarta Pusat. Hotel supermewah ini menempati bangunan setinggi 74 lantai, dan sedang dalam masa konstruksi. 

Marketing & Promotion Manager Putra Gaya Wahana, Grace Tjugiarto, memberikan konfirmasi kesepakatan kerjasama pengelolaan tersebut. "Betul rantai hotel internasional yang akan mengelola hotel Thamrin Nine adalah Waldorf Astoria Hotel & Resorts," ungkap Grace kepada Kompas.com, Senin (17/3/2014).

PT Putra Gaya Wahana selaku pengembang Thamrin Nine, akan menandatangani kerjasama pengelolaan hotel ini dengan Hilton Worldwide pada Rabu, 19 Maret 2014.

Menurut catatan Kompas.com, keberadaan Waldorf Astoria Hotel & Resorts di Thamrin Nine, melengkapi properti serupa di Mega Kuningan. Dengan demikian, Jakarta akan mengoleksi dua hotel supermewah milik Hilton Worldwide.

Sementara secara nasional, Hilton Worldwide mengoperasikan 4 portofolio dengan merek Waldorf Astoria Hotel & Resorts. Selain di Jakarta, mereka mengelola 96 vila di Bukit Pendawa, Bali.

Thamrin Nine sendiri merupakan proyek multifungsi yang terdiri atas apartemen, perkantoran, hotel dan ruang ritel. Properti existing yang telah beroperasi adalah UOB Plaza. Ekspansi Thamrin Nine terdiri atas 4 gedung apartemen dan dua menara perkantoran yang dilengkapi dengan podium ritel. Konstruksi terbagi dalam dua tahap pengembangan.

Tahap pertama yang akan dibangun adalah satu menara perkantoran 74 lantai setinggi 330 meter lengkap dengan 200 kamar hotel dan 3 bangunan apartemen, dan rencana dibuka kuartal 4 tahun 2016. Sementara itu, tahap kedua terdiri atas satu bangunan apartemen dan satu menara perkantoran. Targetnya, keseluruhan proyek ini tuntas pada 2018 mendatang.

Selain merek Waldorf Astoria Hotel & Resorts, Jakarta juga bakal diramaikan hotel supermewah internasional lainnya yang ditargetkan beroperasi pada 2017, yakni Fairmont Jakarta, St Regis Hotel & Resorts Jakarta, Westin Hotel, W Hotel, Raffles Hotel & Residences, Rosewood Jakarta, dan The Langham Hotel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com