Kompas.com - 17/03/2014, 11:54 WIB
|
EditorHilda B Alexander
JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia memimpin Asia Tenggara (ASEAN) dalam daftar negara dengan pertumbuhan properti hunian tertinggi sepanjang 2013.

Dalam daftar Global House Price Index keluaran Knight Frank, Indonesia tercatat mengalami pertumbuhan harga rumah tahunan dua digit, yakni sebesar 11,5 persen pada kuartal keempat 2013 dari periode yang sama tahun sebelumnya. Posisi Indonesia jauh di atas Malaysia (10,1%), dan Singapura (1,9%).

Sementara secara global, dari 56 negara yang disurvei, Indonesia berada di posisi ketujuh. Diikuti Kolombia, Amerika Serikat, dan Polandia dalam sepuluh besar dengan catatan pertumbuhan harga masing-masing 11,5%, 11,3%, dan 10,2%.

Di posisi puncak, terdapat Dubai dengan pertumbuhan 34,8%. China, Taiwan, Estonia, Turki, dan Brasil mengikuti di belakang dengan pencapaian 14,5%, 13,8%, dan 12,7%.

Menurut Knight Frank, harga rumah secara global mengalami rekor pertumbuhan pada tahun 2013. Hal ini tak lepas dari kemajuan ekonomi. Pertumbuhan rerata tercatat sebesar 8,4% pada 2013, sementara 2012 hanya 4,6%. Pencapaian ini sekaligus merupakan kenaikan indeks terbesar sejak 1995.

Indeks Harga Hunian Global tersebut juga menampilkan pasar-pasar terlemah tahun lalu yakni Ukraina, Kroasia dan Yunani. Ketiga negara ini, mengakhiri tahun dengan harga rumah 26% , 14% dan 9% lebih rendah masing-masing karena ketegangan politik dan stagnasi ekonomi.

Sementara negara yang sempat terpuruk akibat krisis keuangan 2008, Irlandia, mulai pulih. Bahkan pertumbuhan harganya lebih tinggi yakni 6,4%, ketimbang Jerman (2,5%), Austria (4,1%), dan Swiss (4,6%).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.