Kompas.com - 20/02/2014, 14:31 WIB
Karya arsitektur tak lepas dari imajinasi dan kreatifitas. Demikian halnya dengan bangunan enam lantai yang merupakan rumah bagi galeri arsitektur dan desain Archivo, di Meksiko ini. www.archello.comKarya arsitektur tak lepas dari imajinasi dan kreatifitas. Demikian halnya dengan bangunan enam lantai yang merupakan rumah bagi galeri arsitektur dan desain Archivo, di Meksiko ini.
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Karya arsitektur tak lepas dari imajinasi dan kreatifitas. Demikian halnya dengan bangunan enam lantai yang merupakan rumah bagi galeri arsitektur dan desain Archivo, di Meksiko ini.

Ya, gedung tersebut seolah merupakan tumpukan beton, provokatif sekaligus memicu minat keingintahuan. Studio Zeller & Moye yang merancangnya punya maksud bahwa galeri ini merupakan tumpukan lantai lantai teratur dengan arah berbeda. Sehingga menciptakan panorama tak biasa di lingkungan Mexico City.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

archdaily.co.uk Gedung tersebut seolah merupakan tumpukan beton, provokatif sekaligus memicu minat keingintahuan. Studio Zeller & Moye yang merancangnya punya maksud bahwa galeri ini merupakan tumpukan lantai lantai teratur dengan arah berbeda. Sehingga menciptakan panorama tak biasa di lingkungan Mexico City.
Di dalamnya terdapat tangga spiral yang menghubungkan antarlantai, mulai dari teras hingga ke balkon. Sementara dinding kaca transparan yang merupakan fasadnya, seolah menjelaskan dengan terperinci struktur tulang bekang bangunan ini.

"Rancangan kami untuk Archivo merupakan tipologi bangunan baru di Mexico City," kata Christoph Zeller dan Ingrid Moye yang mendapat bimbingan dari Fernando Romero.

Lebih jelasnya begini, Archivo adalah bangunan terbuka yang ditumpuk secara vertikal. Di dalamnya penuh kehidupan dan aktivitas. Archivo tak dirancang sebagai bangunan terasing dengan bentuk yang paling berbeda. Sebaliknya, galeri ini diciptakan untuk menjadi penghubung dengan lingkungan di sekitarnya. 

archdaily.co.uk Gedung Archivo ini terdiri atas beberapa bagian. Bagian utama untuk mengakomodasi galeri untuk koleksi permanen dan pameran sementara. Sementara bagian lainnya didedikasikan untuk sejarah Mexico City, lengkap dengan perpustakaan, restoran, dan bar serta sejumlah acara lokakarya lainnya.
Kehadiran bangunan Archivo diharapkan dapat merangsang pertumbuhan tren baru melalui budaya dan desain arsitektur.

Gedung Archivo ini terdiri atas beberapa bagian. Bagian utama, mengakomodasi galeri untuk koleksi permanen dan pameran sementara. Sedangkan bagian lainnya didedikasikan untuk sejarah Mexico City, lengkap dengan perpustakaan, restoran, dan bar serta sejumlah acara lokakarya lainnya.

Romero, sang mentor kedua arsitek tersebut, mengatakan, bahwa mereka bertujuan untuk menciptakan dan memberikan kontribusi bagi forum utama desain kontemporer di Amerika Latin, memberikan suara untuk desainer muda, menciptakan dialog dan kesadaran tentang arsitektur dan desain di wilayah Mexico.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.