Renovasi Taman? Tahan Dulu, Tunggu Musim Hujan Berlalu!

Kompas.com - 06/02/2014, 15:13 WIB
Pikirkan halaman Anda sebagai serangkaian kamar di luar ruangan (outdoor). Mungkin, Anda ingin menggabungkan area ini sebagai tempat barbeque, dapur, atau ruang makan di teras luar, atau menambah fitur untuk taman bermain anak-anak.
www.houzz.comPikirkan halaman Anda sebagai serangkaian kamar di luar ruangan (outdoor). Mungkin, Anda ingin menggabungkan area ini sebagai tempat barbeque, dapur, atau ruang makan di teras luar, atau menambah fitur untuk taman bermain anak-anak.
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Musim hujan seperti ini taman di rumah seperti kurang perhatian karena tak banyak yang bisa dilakukan di area ini. Musim seperti ini memang waktu yang tepat hanya pasrah sambil membuat rencana ke depan pada taman Anda. Apakah perlu merenovasinya dengan menambahkan pagar, fitur air, jenis bunga, dan lain-lain di area ini?

Sambil menikmati teh atau kopi dan memandangi taman rumah Anda yang basah oleh hujan, Anda bisa merancang rencana taman atau kebun baru di musim kering nanti. Untuk membantu Anda merenungkan ide-ide ini, simak beberapa hal berikut ini:

www.houzz.com Jika memang sudah berniat membuat area taman sebagai kamar outdoor Anda, hal pertama perlu dipertimbangkan adalah jalur dari dalam rumah ke taman Anda. Pertimbangkan untuk menambahkan tangga, teras, atau jalan setapak menuju area ini.
Kamar outdoor 

Pikirkan halaman Anda sebagai serangkaian kamar di luar ruangan (outdoor). Mungkin, Anda ingin menggabungkan area ini sebagai tempat barbeque, dapur, atau ruang makan di teras luar, atau menambah fitur untuk taman bermain anak-anak.

Jangan lupa, pikirkan juga zona aktivitas di halaman ini. Karena mungkin, setiap individu di rumah Anda ingin memiliki tempat mereka dapat bermain atau bersantai di halaman lantaran mulai bosan mencari hiburan atau menyendiri di dalam rumah.

Pertimbangkan akses

Jika memang sudah berniat membuat area taman sebagai kamar outdoor Anda, hal pertama perlu dipertimbangkan adalah jalur dari dalam rumah ke taman Anda. Pertimbangkan untuk menambahkan tangga, teras, atau jalan setapak menuju area ini. Bila perlu, Anda mengubah materi jalan setapak dari yang tadinya hanya tanah, kini diganti dengan variasi antara rumput dan batu kerikil atau beton.

www.houzz.com Buatlah area tempat duduk terasa lebih pribadi di area ini. Umumnya, banyak orang sudah menyiapkan tempat duduk, tetapi jarang menggunakan. Boleh jadi, itu karena area ini bukan lagi menjadi area yang eksklusif untuk Anda bersantai.
Pertimbangkan fungsi

Sekecil apapun area yang Anda dapatkan untuk diperbarui di taman ini, sebaiknya prioritaskan dari sisi fungsinya. Anda harus jelas menandai batas-batas antara akses keluar dan masuk dari rumah utama ke taman, area menempatkan tanaman bunga dengan area barbeque atau area berumput terbuka.

Fitur air

Untuk menambah kenyamanan baru, Anda bisa menambah kolam atau air mancur sebagai fitur air di area ini. Gemericik air akan menjadi rekreasi Anda dan keluarga dari kebisingan di luar rumah Anda dan penat sehari-hari baik di kantor atau kemacetan lalu lintas.

Fitur air, selain membantu menahan bising, juga membantu Anda memberi sarana baru melarikan dari kelelahan hidup di tengah kota. Anda bisa menempatkan kolam atau air mancur di antara jalan setapak, atau kolam kecil di teras dekat area rerumputan. Jangan lupa, berikan area ini kursi santai dan meja untuk santai Anda.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X