Wah... Indonesia Sasaran Empuk Broker Asing!

Kompas.com - 27/01/2014, 12:19 WIB
RE/MAX Internasional, agen real estate dari Amerika, hadir di Indonesia dengan menargetkan pembukaan kantor sebanyak 25 buah dalam tahun pertama. Tampak dalam gambar (kiri–kanan) Monica Nardi, Chief Executive Officer RE/MAX Indonesia, Larry Oberly. Vice President Global Franchise & Business Solutions RE/MAX Internasional, dan F. Rach. Suherman, CPA, Chief Operating Officer RE/MAX Indonesia, Senin (27/1/2014), di acara peluncurannya.  Dok RE/MAXRE/MAX Internasional, agen real estate dari Amerika, hadir di Indonesia dengan menargetkan pembukaan kantor sebanyak 25 buah dalam tahun pertama. Tampak dalam gambar (kiri–kanan) Monica Nardi, Chief Executive Officer RE/MAX Indonesia, Larry Oberly. Vice President Global Franchise & Business Solutions RE/MAX Internasional, dan F. Rach. Suherman, CPA, Chief Operating Officer RE/MAX Indonesia, Senin (27/1/2014), di acara peluncurannya.
|
EditorLatief
JAKARTA, KOMPAS.com - Satu lagi broker properti asing membuka kantornya di Indonesia, RE/MaX. Dengan demikian, kehadiran RE/MaX menggenapi sebanyak 30 agen properti berbendera asing yang beroperasi di negara ini. Berdasarkan catatan Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI), ke-30 perusahaan broker properti asing tersebut mengoperasikan sekitar 250 hingga 300 kantor di seluruh Indonesia.

Ketua Umum DPP AREBI, Darmadi Darmawangsa, mengatakan, masuknya RE/MAX mengindikasikan sinyalemen bahwa pasar properti Indonesia masih sangat menarik untuk digarap.

"Indonesia menjadi incaran, karena ceruk pasarnya besar dan lokasinya sangat strategis. Indonesia merupakan satu-satunya negara di dunia yang memiliki koleksi brand agen properti asing paling komplit," ujar Darmadi kepada Kompas.com, Senin (27/1/2014), saat peluncuran RE/MAX di Grand Hyatt, Jakarta.

Hal senada dikemukakan Ketua Umum DPP Real Estat Indonesia (REI), Eddy Hussy, dipilihnya Indonesia oleh RE/MAX menandakan negara ini sudah dianggap maju. Indonesia dianggap sudah mampu menyediakan hunian yang berstandar internasional.

"Mereka akan melirik ke setiap negara yang punya potensi properti bagus dengan keuntungan menjanjikan. Dan negara yang sedang mengalami pertumbuhan properti di atas dua digit adalah Indonesia," ucap Eddy.

RE/MAX tak menampik, bahwa motivasi utama mereka masuk Indonesia adalah karena pasar propertinya sedang tumbuh subur.

"Terlebih masyarakat perkotaan sudah menyadari peran dan fungsi broker, sehingga kehadiran broker properti sangat dibutuhkan. Tidak hanya sebagai penyedia properti, melainkan juga penyedia konsultansi properti yang berkualitas," ujar Vice President Global Franchise & Business Solution, Larry Oberly.

Adapun RE/MAX merupakan agen real estat yang berbasis di Amerika Serikat. Di Indonesia, pemegang master franchise RE/MAX adalah PT Signature Properties yang tergabung dalam perusahaan developer dengan beberapa proyek perumahan, perkantoran dan pusat perbelanjaan.

"Kami hadir untuk membangun sinergi keunggulan bisnis, memberi peluang usaha terbaik dan pilihan gaya bisnis yang berbeda kepada masyarakat Indonesia yang ingin bergabung. Sejak awal kami telah menyiapkan tempat terbaik bagi semua orang yang ingin lebih maju di bisnis broker properti," papar F. Rach. Suherman, CPA, Chief Operating Officer RE/MAX Indonesia.

Lebih lanjut Suherman mengatakan, RE/MAX mengembangkan sistem operasi non territorial base yang memungkinkan semua kantor membangun jaringan usaha tanpa dibatasi oleh wilayah tertentu di seluruh dunia.

"International listing network kami memungkinkan setiap kantor melakukan tukar-menukar listing properti melalui sistem referal yang sangat kuat,” ujar Monica.

Saat ini, Indonesia merupakan negara ke-93 yang mereka sambangi. Selama ini broker asing yang sudah membuka cabangnya di Indonesia, antara lain Professional, LJ Hooker, Ray White, Raine and Horne, dan Roy Weston. Sedangkan dari Amerika Serikat adalah ERA, Century 21, Keller Williams, CBRE, dan lain sebagainya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X