Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Salah Menempatkan "Septic Tank" di Rumah!

Kompas.com - 23/01/2014, 13:32 WIB
KOMPAS.com — Sebetulnya, tak ada ketentuan khusus ketika menempatkan septic tank atau tangki bioteknologi ini di rumah. Anda hanya perlu memastikan bahwa jaraknya tak kurang dari 10 m dari sumur air bersih.

Untuk lahannya, juga tidak ada spesifikasi khusus. Hal penting yang perlu dipertimbangkan adalah lahan tersebut tidak berbatu.

Adapun untuk penempatannya, hal pertama perlu dilakukan adalah melakukan penggalian. Ukurannya harus disesuaikan dengan ukuran tangki yang akan dipasang. Kedalamannya harus seusai dengan pipa pembuangan.

www.shutterstock.com Selanjutnya, kamar tangki harus diisi dengan air. Pengisiannya harus dilakukan bertahap. Saat pengisian, penimbunan sekitar tangki juga harus dilakukan.
Pada saat penempatan tangki di lubang, pipa inlet, outlet, dan ventilasi dihubungkan ke tangki tersebut. Akan tetapi, sebelum pemasangan dilakukan, septic tank harus ditempatkan pasir setebal 10 cm di bawahnya.

Selanjutnya, kamar tangki harus diisi dengan air. Pengisiannya harus dilakukan bertahap. Saat pengisian, penimbunan sekitar tangki juga harus dilakukan.

Setelah air terisi penuh, sisa galian ditimbun dengan tanah setinggi leher lubang utama. Namun, jika tangki dipasang di tempat yang akan ditutupi dengan carport, maka diperlukan penambahan cor beton bertulang agar lebih kuat menahan beban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com