Kompas.com - 23/01/2014, 13:32 WIB
EditorLatief
KOMPAS.com — Sebetulnya, tak ada ketentuan khusus ketika menempatkan septic tank atau tangki bioteknologi ini di rumah. Anda hanya perlu memastikan bahwa jaraknya tak kurang dari 10 m dari sumur air bersih.

Untuk lahannya, juga tidak ada spesifikasi khusus. Hal penting yang perlu dipertimbangkan adalah lahan tersebut tidak berbatu.

Adapun untuk penempatannya, hal pertama perlu dilakukan adalah melakukan penggalian. Ukurannya harus disesuaikan dengan ukuran tangki yang akan dipasang. Kedalamannya harus seusai dengan pipa pembuangan.

www.shutterstock.com Selanjutnya, kamar tangki harus diisi dengan air. Pengisiannya harus dilakukan bertahap. Saat pengisian, penimbunan sekitar tangki juga harus dilakukan.
Pada saat penempatan tangki di lubang, pipa inlet, outlet, dan ventilasi dihubungkan ke tangki tersebut. Akan tetapi, sebelum pemasangan dilakukan, septic tank harus ditempatkan pasir setebal 10 cm di bawahnya.

Selanjutnya, kamar tangki harus diisi dengan air. Pengisiannya harus dilakukan bertahap. Saat pengisian, penimbunan sekitar tangki juga harus dilakukan.

Setelah air terisi penuh, sisa galian ditimbun dengan tanah setinggi leher lubang utama. Namun, jika tangki dipasang di tempat yang akan ditutupi dengan carport, maka diperlukan penambahan cor beton bertulang agar lebih kuat menahan beban.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber IDEA
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.