Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/01/2014, 14:15 WIB
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Tak hanya banjir. Musim hujan juga mengundang datangnya serangga, khususnya rayap. Mereka akan masuk ke rumah Anda, mencari lokasi-lokasi yang hangat untuk "tinggal".

Di musim basah dan lembab seperti saat ini, rayap "bekerja" sepanjang hari. Mereka akan terus memakan kayu-kayu di rumah Anda.

Beruntung, rayap merupakan pemakan yang lamban. Maka, masih ada banyak waktu untuk Anda membasminya di saat mereka baru mulai menggerogoti rumah Anda perlahan-lahan. Simak caranya:

houzz.com Langkah pertama adalah langsung mencari sumber utamanya, yaitu kayu, yang menjadi makanan empuknya. Anda harus pastikan kayu di rumah tidak lembab. Bau kayu lembab akan menarik daangnya rayap. Selain itu, jaga jangan sampai kayu-kayu di rumah tidak memiliki kontak dengan tanah.
Hilangkan sumbernya

Langkah pertama adalah langsung mencari sumber utamanya, yaitu kayu, yang menjadi makanan empuknya. Anda harus pastikan kayu di rumah tidak lembab. Bau kayu lembab akan menarik daangnya rayap. Selain itu, jaga jangan sampai kayu-kayu di rumah tidak memiliki kontak dengan tanah.

Bahan kimia

Untuk membasminya, Anda bisa menggunakan bahan kimia termisida. Anda hanya perlu menyemprotkannya langsung ke sarang dan kayu-kayu yang sudah diserangnya.

Memang, bahan kimia ini sangat ampuh. Namun, Anda harus waspada karena termisida juga berpotensi merugikan kesehatan Anda. Karena itu, gunakan dahulu pilihan lain sebelum menggunakannya.

shutterstock.com Langkah pertama adalah langsung mencari sumber utamanya, yaitu kayu, yang menjadi makanan empuknya. Anda harus pastikan kayu di rumah tidak lembab. Bau kayu lembab akan menarik daangnya rayap. Selain itu, jaga jangan sampai kayu-kayu di rumah tidak memiliki kontak dengan tanah.
Puntung rokok

Cara lain yang bisa dilakukan adalah menggunakan puntung rokok. Rendam 10 batang puntung rokok ke dalam dua gelas air dan setengah sendok makan garam. Biarkan larutan itu semalaman. Setelah itu, saring larutan dan masukkan dalam alat penyemprot. Semprotkan pada bagian kayu yang terserang rayap.

Dedaunan

Selain tembakau dari puntung rokok, Anda juga bisa menggunakan daun pepaya dan daun sirih. Masukkan daun pepaya dan daun sirih ke dalam blender dengan perbandingan 2:1, dua untuk daun pepaya dan satu untuk daun sirih. Tambahkan air secukupnya.

Setelah lembut, saring airnya. Tambahkan air hasil saringan dengan alkohol 70 persen dengan perbandingan 2:3. Masukkan dalam alat penyemprot, kemudian semprotkan pada bagian kayu yang terserang rayap.

Selamat membasmi rayap!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+