Kompas.com - 19/01/2014, 13:48 WIB
Desain jembatan designboom.comDesain jembatan "melayang" ini akan menjadi rangkaian jembatan sepanjang dua belas kilometer. Jembatan ini akan menjadi koneksi dari tiga jembatan lain yang dihubungkan oleh terowongan di bawah permukaan laut.
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Para pejabat Pemerintah Qatar telah mengumumkan rencana pembangunan Jembatan Sharq. Rencana itu akan mulai direalisasikan pada 2015 mendatang.

Dirancang oleh Santiago Calatrava, desain jembatan "melayang" ini akan menjadi rangkaian jembatan sepanjang dua belas kilometer. Jembatan ini akan menjadi koneksi dari tiga jembatan lain yang dihubungkan oleh terowongan di bawah permukaan laut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

designboom.com Selain menyediakan akse ke kompleks terbaru Bandara Internasional Hamad dan kawasan bisnis di bagian barat Doha, skema jembatan ini juga akan menggabungkan kawasan rekreasi di wilayah itu.
Selain menyediakan akse ke kompleks terbaru Bandara Internasional Hamad dan kawasan bisnis di bagian barat Doha, skema jembatan ini juga akan menggabungkan kawasan rekreasi di wilayah itu. Jembatan ini juga dirancang mengarah ke sebuah taman umum yang menawarkan pemandangan panorama indah di pelabuhan.

Dengan biaya hingga miliaran Dolar AS, rencana jembatan ini diharapkan bisa mengurangi masalah kemacetan lalu lintas Doha sebagai konsekuensi dari kepadatan penduduk dan tingginya angka kepemilikan mobil.

designboom.com Dengan biaya hingga miliaran Dolar AS, rencana jembatan ini diharapkan bisa mengurangi masalah kemacetan lalu lintas Doha sebagai konsekuensi dari kepadatan penduduk dan tingginya angka kepemilikan mobil.
Terlihat dari seberang teluk, saat ini yang sangat dibutuhkan Doha adalah bentuk baru infrastruktur yang akan menopang kawasan itu sebagai kawasan yang rapi dan dinamis di tepi laut. Rencana pembangunan Jembatan Sharq ini ditargetkan selesai pada 2021.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.