Lebih dari 1.000 Profesional Terlibat Konstruksi Bandara Qatar

Kompas.com - 17/01/2014, 16:03 WIB
Hamad International Airport (HIA), Qatar. marhaba.coHamad International Airport (HIA), Qatar.
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Setelah tertunda beberapa tahun, Hamad International Airport Qatar (HIA) dijadwalkan beroperasi dan dibuka untuk publik pada pertengahan 2014.

Kepastian tersebut disampaikan oleh Chairman of Steering Committee, Mohammad Abdul Aziz Al Noaimi. Menurutnya, bandara senilai 15 miliar dollar AS (Rp 178,3 triliun) seharusnya dibuka pada April 2013 lalu. Namun dibatalkan karena alasan teknis berupa perubahan konstruksi.

gulfbusiness Setelah tertunda beberapa tahun, Hamad International Airport (HIA), Qatar, mendekati penyelesaian konstruksi dan beroperasi pada pertengahan tahun ini.
Meskipun ditunda, hasil perubahan yang diminta selama konstruksi untuk memperluas proyek tersebut serta tantangan yang kami hadapi selama ini, kami tetap bisa menjadwalkan pembukaan pada pertengahan tahun 2014," ujar Noaimi.

Ia melanjutkan, pengerjaan bandara tersebut didukung banyak pihak. Termasuk jumlah tenaga kerja yang melimpah sehingga mimpi Qatar memiliki bandara internasional skala besar dapat terwujud.

Lebih dari 1.000 arsitek, desainer, konsultan, dan manajer proyek yang tergabung dalam 200 kontraktor lokal, regional dan internasional yang terlibat dalam pembangunan bandara ini.

OMA Hamad International Airport (HIA) Qatar, merupakan simbol kebanggaan dan kemakmuran negara. Bandara ini dilengkapi pusat belanja, hotel, kolam renang, terminal penumpang, 65 garbarata dan lain-lain fasilitas penunjang.
Bandara ini sekaligus merupakan simbol kebanggaan dan kemakmuran negara Qatar," ujar Noaimi.

HIA memiliki kapasitas 30 juta penumpang atau lebih besar dari rencana semula. Perubahan terpaksa dilakukan karena pertumbuhan angkutan dalam beberapa tahun sangat pesat.

Seharusnya, perubahan konstruksi bandara, masuk dalam pembangunan tahap ketiga dan direncanakan dibuka pada 2015. Namun, mereka lebih memilih mempercepat proses pembangunan dan mengintegrasikan semua tahapan konstruksi (HIA dan Bandara Kota) dalam waktu singkat.

HOK Pengerjaan Bandara Hamad International Airport (HIA), Qatar, melibatkan lebih dari 1.000 profesional di bidang arsitektur, desain, konstruksi, dan lain sebagainya.
HIA dan Bandara Kota membentang 29 kilometer persegi, 60 persen area tersebut berada di atas tanah reklamasi Teluk Arab. Bandara ini dilengkapi dengan fasilitas pemeliharaan pesawat dengan area terluas di dunia. Selain itu terdapat fasilitas yang diperuntukan bagi divisi katering sebanyak 4 lantai seluas 69.000 m2.

Sementara terminal penumpangnya berada di area internal seluas 600.000 m2 dan memiliki 5 ruang pertemuan, 65 garbarata, termasuk delapan untuk Airbus (A380) yang akan dikembangkan dalam tahap akhir.

Terminal ini juga mencakup 16 lounge untuk berbagai kategori penumpang, 28 instalasi seni yang diisi karya seniman lokal, regional dan internasional, lebih dari 100 gerai kuliner, ruang ritel, hotel transit, kolam renang dan spa.

"Saya bangga mengonfirmasi bahwa proyek ini hampir selesai. HIA berdiri sebagai prestasi tinggi dunia arsitektur, teknologi konstruksi dan tentu saja negara. HIA bukan sekadar hub transportasi internasional melainkan melayani masyarakat menuju peristiwa berskala dunia," ujar Noaimi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X