Kompas.com - 03/01/2014, 16:07 WIB
Para arsitek sepakat mengangkat semua ruang hidup dari tanah dan membuat garasi bawah dengan tempat parkir dan bengkel untuk kendaraan Unimog milik kliennya. www.dezeen.comPara arsitek sepakat mengangkat semua ruang hidup dari tanah dan membuat garasi bawah dengan tempat parkir dan bengkel untuk kendaraan Unimog milik kliennya.
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com — Terletak di jalan yang sibuk dekat Tuebingen, Jerman, rumah ini dirancang untuk mengakomodasi kebutuhan antara tempat tinggal dan bengkel. Untuk itulah, Fabian Evers Arsitektur dan Wezel Architektur memutuskan mengangkat semua ruang hidup dari tanah dan membuat garasi bawah dengan tempat parkir dan bengkel untuk kendaraan Unimog milik kliennya.

www.dezeen.com Terletak di jalan yang sibuk dekat Tuebingen, Jerman, rumah ini dirancang untuk mengakomodasi kebutuhan antara tempat tinggal dan bengkel.
"Konsepnya untuk menumpuk dua kegunaan yang berbeda atas satu sama lain, terutama untuk meminimalkan keriuhan di rumah ini, yaitu untuk mengarahkan ruang keluarga menjauh dari jalan," kata Fabian Evers.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

www.dezeen.com Untuk lalu lintas, Evers membuat sebuah tangga di salah satu dinding luar bagian atas. Tangga ini mengarah sampai ke ruang dalam yang menghadap ke selatan teras sehingga terlindung dari berbagai kegiatan di bawahnya.
Para arsitek menggunakan seng bergelombang meliputi dinding dan atap lantai pertama rumah ini. Adapun bagian bangunan di bawahnya diselimuti polikarbonat tembus cahaya sehingga memungkinkan penyerapan sinar matahari saat siang hari

www.dezeen.com Adapun bagian bangunan di bawahnya selimuti polikarbonat tembus cahaya sehingga yang memungkinkan siang hari untuk menyerap sinar matahari.
"Ruang kerja akan selalu diisi dengan cahaya alami siang hari, sementara pada malam hari berubah menjadi kotak cahaya yang bersinar di antara bangunan sekitarnya," kata Evers.

Untuk lalu lintas, Evers membuat sebuah tangga di salah satu dinding luar bagian atas. Tangga ini mengarah sampai ke ruang dalam yang menghadap ke selatan teras sehingga terlindung dari berbagai kegiatan di bawahnya.

www.dezeen.com Rancangan rumah ini cocok diaplikasikan di kota-kota besar yang lahannya semakin sempit dan mahal. Pasalnya, rumah ini terletak langsung di sebelah jalan dengan lalu lintas padat dan dikelilingi oleh rumah-rumah pribadi kecil.
Rancangan rumah ini cocok diaplikasikan di kota-kota besar yang lahannya semakin sempit dan mahal. Pasalnya, rumah ini terletak langsung di sebelah jalan dengan lalu lintas padat dan dikelilingi oleh rumah-rumah pribadi berukuran kecil.  Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.