Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sim Salabim... Museum Tua Jadi Apartemen Mewah!

Kompas.com - 03/01/2014, 13:02 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com - Pena Arsitektur, sebuah firma arsitektur berbasis di Rotterdam, Belanda, mengubah gedung bekas Museum Kralings menjadi sebuah apartemen mewah. Terletak di Hoflaan, Rotterdam, gedung ini benar-benar berubah menjadi apartemen cantik!

Diberi nama Apartemen Casa K, struktur awal gedung ini berubah menjadi tiga tempat tinggal terpisah dengan pintu masuk komunal. Pena Studio juga menempatkan sebuah lift yang menghadirkan akses ke lantai atas. Di tingkat dua, ruang telah direnovasi menjadi ruang terbuka yang menerima sirkulasi udara dengan baik dari luar dan kebun belakang.

www.designboom.com Pena Studi memang menggunakan kembali dan mengadaptasi struktur yang telah ada. Untuk itulah, tantangan utamanya adalah untuk mengubah basement dan lantai dasar menjadi satu ruang terpadu dengan tetap mengikuti persyaratan pelestarian kota.
Pena Studi memang menggunakan kembali dan mengadaptasi struktur yang telah ada. Untuk itulah, tantangan utamanya adalah untuk mengubah basement dan lantai dasar menjadi satu ruang terpadu dengan tetap mengikuti persyaratan pelestarian kota. Semua arsitek pun dilibatkan dalam seluruh proses, bahkan sampai ke desain rinci ke urusan lemari, pencahayaan, bahan, dan skema warna.

www.designboom.com Dibuat membentuk panggung, ruangan ini dikelilingi oleh kaca sebagai fitur yang membantu untuk membagi ruang terbuka. Dengan demikian, ruangan ini menawarkan perbedaan yang jelas antara bagian depan dan belakang. Tangga ke ruang bawah tanah pun bisa diakses dari ruangan ini.
Hasilnya, para arsitek menempatkan elemen kunci berupa pemakaian walnut kubus yang dimulai dari lantai dasar dan menonjol melalui ruang tamu lantai pertama. Dibuat membentuk panggung, ruangan ini dikelilingi oleh kaca sebagai fitur yang membantu untuk membagi ruang terbuka. Dengan demikian, ruangan ini menawarkan perbedaan yang jelas antara bagian depan dan belakang. Tangga ke ruang bawah tanah pun bisa diakses dari ruangan ini.

www.designboom.com Di tingkat dua, ruang telah direnovasi menjadi ruang terbuka yang menerima sirkulasi udara dengan baik dari luar dan kebun belakang.

Adapun pemakaian kaca memungkinkan cahaya lebih dulu tersaring sebelum masuk ke ruangan. Sedangkan penggunaan kayu kenari sebagai material alami dikombinasikan dengan beragam nuansa hitam yang diterapkan di seluruh apartemen. Hal ini, menurut para arsitek, secara keseluruhan berhasil menyatukan estetika ramping dan halus di semua ruangan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com