Kompas.com - 03/01/2014, 11:23 WIB
Kenali dulu rumah baru Anda. Setidaknya, ketahui apakah furnitur yang Anda miliki saat ini bisa masuk ke dalam rumah baru. Pertimbangkan ukuran dan karakter furnitur yang Anda miliki. www.houzz.comKenali dulu rumah baru Anda. Setidaknya, ketahui apakah furnitur yang Anda miliki saat ini bisa masuk ke dalam rumah baru. Pertimbangkan ukuran dan karakter furnitur yang Anda miliki.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com -  Singkirkan semua barang yang tidak Anda butuhkan! Saran ini terdengar jauh lebih mudah ketimbang praktiknya. Padahal, inilah yang sebaiknya Anda lakukan ketika pindah ke rumah berukuran lebih kecil.

Kontributor Houzz, Becky Dietrich memberikan beberapa saran bagi Anda untuk mengurangi barang saat pindah ke rumah berukuran lebih kecil. Pertama-tama, Dietrich meminta Anda untuk menaruh perhatian pada barang-barang kenangan dan cenderamata kenangan, termasuk juga barang pemberian keluarga Anda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

www.houzz.com Pertama-tama, Dietrich meminta Anda untuk menaruh perhatian pada barang-barang kenangan dan cenderamata kenangan, termasuk juga barang pemberian keluarga Anda.
Tak sulit, caranya. Coba, tanyakan pertanyaan seperti, "Apakah Anda akan merindukan barang ini jika sudah bukan lagi milik Anda?" Atau, "Apakah benda ini membawa kenangan baik atau buruk?" Cari juga barang kenangan yang mampu memberikan kenangan dan rasa menyenangkan bagi Anda selama bertahun-tahun ke depan.

Selanjutnya, mulailah memberikan label dengan menggunakan post-it atau notes yang bisa ditempel. Gunakan tiga warna, misalnya merah muda, biru, dan kuning. Tempelkan notes merah muda untuk barang yang tetap Anda bawa, biru untuk barang yang akan disingkirkan, dan kuning jika masih mempertimbangkan untuk memilikinya.

Bukalah kesempatan untuk mengubah label yang sudah Anda berikan. Ingat, tempat yang Anda miliki hanya terbatas.

Kini, berikan perhatian pada foto-foto keluarga. Setiap foto tentu memiliki cerita yang berbeda. 

www.houzz.com Jangan juga melupakan pakaian. Cobalah tanyakan ini pada diri Anda,
Tidak hanya foto yang ada di pigura. Anda juga harus mempertimbangkan tumpukan album foto di rumah Anda. Dietrich melakukan hal berikut ini. Pertama, dia memerlukan dua bulan untuk mengkategorikan foto berdasarkan tahun. Kemudian, Dietrich menyatukan foto-foto kesukaan dalam 40 tahun terakhir di satu album. Sisanya, foto-foto tentu tidak dibuang, namun dimasukkan ke dalam plastik, disegel, dan diberi label yang menunjukkan isinya.

Jangan juga melupakan pakaian. Cobalah tanyakan ini pada diri Anda, "Sudahkah saya mengenakan pakaian ini dalam enam bulan terakhir?" Jika tidak, lebih baik sumbangkan atau berikan pada kerabat Anda yang menyukainya. Selain pakaian, pertimbangkan juga barang-barang fesyen lainnya. Misalnya, sepatu dan tas.

Selain barang-barang kenangan dan barang pribadi, Anda tentu juga membutuhkan barang-barang bersama, seperti keperluan dapur. Kenakan kriteria yang sama dengan pakaian. Jika Anda tidak pernah menggunakannya, lebih baik singkirkan alat dapur tersebut.

Pun, begitu dengan alat-alat berkebun. Jika sebelumnya rumah Anda memiliki halaman sangat besar, mungkin Anda punya perlengkapan bercocok tanam lengkap. Namun, jika tempat Anda pindah hanya memiliki sedikit kebun, singkirkan perlengkapan tersebut.

Mengenai furnitur, kenali dulu rumah baru Anda. Setidaknya, ketahui apakah furnitur yang Anda miliki saat ini bisa masuk ke dalam rumah baru. Pertimbangkan ukuran dan karakter furnitur yang Anda miliki.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.