Kompas.com - 31/12/2013, 14:39 WIB
Kondisi interior rumah yang rapi dan teratur dapat mengurangi tingkat tekanan yang Anda alami di tempat umum atau kantor. www.feedingthesoil.comKondisi interior rumah yang rapi dan teratur dapat mengurangi tingkat tekanan yang Anda alami di tempat umum atau kantor.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Stres biasanya dihubungkan dengan berbagai gejala, seperti peningkatan berat tubuh, masalah pencernaan, dan depresi. Melindungi diri Anda dari tekanan di tempat-tempat umum, kantor, dan di jalan raya hampir tidak mungkin. Satu-satunya tempat yang bisa Anda atur adalah rumah.
 
"(Rumah) seharusnya menjadi tempat untuk beristirahat dan menutup diri dari dunia," ujar desainer interior Shelly Lynch-Sparks. Lynch-Sparks merupakan desainer bagi Homepolish. Dia memberikan trik-trik desain yang apik, bagi rumah di luar daerah elite sekali pun. Berikut ini beberapa rahasia membuat rumah lebih nyaman.
 
Pertama, kurangi tumpukan barang di dalam rumah. Menurut Lynch-Sparks, sekali Anda merapihkan dan menyingkirkan barang-barang yang menumpuk di dalam rumah, Anda akan merasa lebih bahagia. Berikan tempat bagi setiap barang. Hindari membiarkan barang-barang tersebut menumpuk dalam satu tempat. Bila perlu, sediakan tempat atau boks yang cantik agar barang-barang Anda bisa tertata rapih.
 
Sebuah penelitian yang dikutip Refinery 29, membuktikan bahwa memasukkan tanaman ke dalam rumah mampu membantu Anda menenangkan diri. Maka itu, langkah kedua dalam membuat rumah lebih nyaman adalah memasukkan tanaman-tanaman rendah perawatan. Lynch-Sparks menyarankan  untuk memasukkan tanaman-tanaman berjenis sukulen. Tanaman ini memberikan tekstur dan pola pada dekorasi interior rumah. 
 
"Banyak orang tidak menyadari bahwa mereka (tanaman-tanaman) benar-benar membersihkan udara dan membantu (menghilangkan) toksin juga," ujar Lynch-Sparks.
 
Selanjutnya, pertimbangkanlah penggunaan warna-warna bernuansa "dingin". Cobalah warna-warna biru dan warna lembut lainnya. Jangan takut untuk memadukannya dengan warna pastel. Gunakan warna hitam untuk aksen dan membuat tampilannya lebih modern.
 
Pencahayaan pun tidak boleh Anda lupakan. Terkadang, pencahayaan di atas kepala seperti pemasangan lampu-lampu di Indonesia pada umumnya terlalu terang. Pencahayaan semacam ini mampu membuat pemilik rumah merasa pusing. Gunakan beberapa lampu hemat energi atau LED dan sebarkan ke beberapa sudut rumah. Bagi pencahayaan dengan memasang lampu meja, lampu lantai, dan lampu kerja.
 
Terakhir, cobalah menciptakan simetris. Menurut Lynch-Sparks, hal ini memang opsional. Anda boleh melakukannya, dan tentu saja boleh tidak melakukannya. Konsep simetris cocok bagi Anda yang perfeksionis. Ketika sebagian besar orang merasa stres dengan keharusan menjaga kerapihan, Anda yang perfeksionis tentu merasa kerapihan dan pengaturan semacam ini menenangkan.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Refinery29
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.