Kompas.com - 24/12/2013, 12:11 WIB
|
EditorHilda B Alexander
DUBAI, KOMPAS.com - Setelah dipecundangi Jakarta sepanjang 2013, Dubai bakal melesat menjadi nomor wahid di dunia tahun depan. Kota ini diperkirakan bakal mencatat pertumbuhan harga properti residensial premium tertinggi.

Knight Frank memproyeksikan pertumbuhan tersebut berbasis pada pencapaian tahun ini di mana Dubai mencatat kenaikan harga sebesar 20 persen.

Bahkan, Cluttons, melaporkan bahwa harga residensial tahunan kota terbesar kedua di negeri petro dollar tersebut mengalami peningkatan sebanyak 53 persen. Hal ini dimungkinkan karena kepercayaan pasar terhadap sektor properti mulai tumbuh kembali, pasca gonjang-ganjing krisis keuangan global 2008.

Menyusul Dubai adalah Beijing, Shanghai, Sydney dan Paris. Kota-kota ini melengkapi lima besar proyeksi pertumbuhan harga tertinggi properti residensial premium Knight Frank, awal 2014 nanti.

Sebaliknya dengan Hongkong. Kota pelabuhan ini diperkirakan akan mencatat penurunan harga drastis pada tahun 2014, yakni lima sampai sepuluh persen. Ini sebagai akibat dari upaya pemerintah mendinginkan pasar properti. Mereka memperkenalkan berbagai langkah termasuk peningkatan biaya materai untuk non-penduduk yang ingin membeli properti.

Analis Barclays, Paul Louie dan Zita Qin, menulis dalam sebuah laporan bahwa harga rumah di Hongkong bisa jatuh sebanyak 30 persen pada akhir 2015. Menurut keduanya, kejatuhan pasar properti Hongkong ini merupakan kali pertama sejak 1998.

Dengan proyeksi ini, sekaligus mengonfirmasi bahwa hubungan antara pasar perumahan utama dan kebijakan ekonomi telah semakin terjalin. Krisis keuangan menyebabkan respon kebijakan pada pasar properti utama, semakin meningkat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.