Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Bill Gates Belanja Hotel Four Seasons

Kompas.com - 14/12/2013, 14:51 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com — Mogul Teknologi dan Informasi, Bill Gates, rupanya tak puas hanya mengakuisisi Four Seasons Hotel Atlanta bulan lalu. Ia kemudian menambah portofolio propertinya dengan membeli Four Seasons Punta Mita Resort senilai 200 juta dollar AS (Rp 2,4 triliun).

Melalui lengan investasi, Cascade Investment, Bill Gates diketahui mengambil alih hotel yang berlokasi di Meksiko tersebut dari Strategic Hotels & Resorts.

Selain Fours Seasons, dalam kesepakatan transaksi tersebut, Cascade Investment juga berhak atas sebidang lahan La Solana senilai 1,1 juta dollar AS (Rp 13,2 miliar) per lot. Dengan pembelian ini, Bill Gates, memiliki sekitar 6,4 persen saham Strategic Hotels & Resort.

Adapun Fours Seasons Punta Mita Resort berisi 173 kamar dan suite dengan situs pengembangan seluas 19,42 hektar.

Chairman and Chief Executive Strategic Hotels & Resort, Raymond L Gellein, mengatakan, aksi korporasi menjual salah satu asetnya tersebut sudah sesuai dengan strategi mereka. Hasil dari transaksi tersebut akan digunakan untuk menyeimbangkan neraca perusahaan.

"Ketika kami bergerak maju, kami akan terus menjadi pembeli oportunistik dan penjual aset untuk lebih memperkuat neraca, meningkatkan portofolio secara keseluruhan dan posisi perusahaan untuk pertumbuhan yang berkelanjutan," paparnya.

Untuk diketahui, pada 2007 silam, Bill Gates berkolaborasi dengan miliarder Saudi, Pangeran Alwaleed bin Talal membeli 95 persen saham rantai hotel internasional tersebut senilai 3,8 miliar dollar AS (Rp 45,6 triliun).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com