Merawat Rumah, Meningkatkan Nilai Investasinya

Kompas.com - 05/12/2013, 13:13 WIB
Anda juga sebaiknya jeli dengan kemungkinan peningkatan nilai rumah Anda. Dengan mengantisipasi masalah, Anda mampu menjaga nilai tersebut tetap tinggi. www.shutterstock.comAnda juga sebaiknya jeli dengan kemungkinan peningkatan nilai rumah Anda. Dengan mengantisipasi masalah, Anda mampu menjaga nilai tersebut tetap tinggi.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Menjadi pemilik rumah membutuhkan kecermatan, kecerdasan, dan kehati-hatian. Anda perlu mengantisipasi masalah yang mungkin akan menghabiskan uang Anda di kemudian hari. Sudahkah Anda cermat memperhatikan rumah Anda?

Anda juga sebaiknya jeli dengan kemungkinan peningkatan nilai rumah Anda. Dengan mengantisipasi masalah, Anda mampu menjaga nilai tersebut tetap tinggi. Berikut ini beberapa hal perlu Anda periksa secara berkala untuk menjaga nilai rumah, bahkan meningkatkannya.

www.shutterstock.com Ketiga, periksa eksterior rumah Anda, termasuk dinding dan atap. Setidaknya, setiap setahun sekali periksalah cat dinding eksterior Anda.
Pertama, periksa keamanan rumah Anda. Beri perhatian khusus pada sambungan listrik di rumah. Jangan sampai Anda menemukan kabel dalam kondisi buruk, sambungan terbuka, dan kerusakan lainnya. Rumah yang tidak aman akan berkurang nilainya.

Kedua, usahakan rumah Anda memperhatikan keberlangsungan atau "keramahan" lingkungan. Seperti dikutip dalam Brightnest, rumah "ramah" lingkungan terjual lebih cepat dengan harga lebih mahal.

www.shutterstock.com Cat yang mengelupas berisiko membawa kerusakan lebih besar, termasuk pertumbuhan jamur. Sebelum lebih besar konsekuensinya, urus kerusakan tersebut sejak dini!
Pada 2010, rumah bersertifikasi ramah lingkungan terjual setelah berada di pasaran selama 97 hari. Umumnya, rumah baru terjual setelah 123 hari.

Ketiga, periksa eksterior rumah Anda, termasuk dinding dan atap. Setidaknya, setiap setahun sekali periksalah cat dinding eksterior Anda. Cat yang mengelupas berisiko membawa kerusakan lebih besar, termasuk pertumbuhan jamur. Sebelum lebih besar konsekuensinya, urus kerusakan tersebut sejak dini!

www.shutterstock.com Keempat, ketahui saluran air dan pipa-pipa di rumah Anda. Pipa yang bocor bisa mengakibatkan masalah serius dan mengeluarkan biaya mahal.
Keempat, ketahui saluran air dan pipa-pipa di rumah Anda. Pipa yang bocor bisa mengakibatkan masalah serius dan mengeluarkan biaya mahal.

Kelima, indungi lantai kayu Anda. Meski cantik dan mampu meningkatkan nilai rumah, lantai kayu juga butuh perhatian khusus. Lantai ini sensitif terhadap air, goresan, dan mampu menahan debu. Untuk itu, bersihkan lantai secara berkala!

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber brightness
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X