Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merawat Rumah, Meningkatkan Nilai Investasinya

Kompas.com - 05/12/2013, 13:13 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber brightness
KOMPAS.com - Menjadi pemilik rumah membutuhkan kecermatan, kecerdasan, dan kehati-hatian. Anda perlu mengantisipasi masalah yang mungkin akan menghabiskan uang Anda di kemudian hari. Sudahkah Anda cermat memperhatikan rumah Anda?

Anda juga sebaiknya jeli dengan kemungkinan peningkatan nilai rumah Anda. Dengan mengantisipasi masalah, Anda mampu menjaga nilai tersebut tetap tinggi. Berikut ini beberapa hal perlu Anda periksa secara berkala untuk menjaga nilai rumah, bahkan meningkatkannya.

www.shutterstock.com Ketiga, periksa eksterior rumah Anda, termasuk dinding dan atap. Setidaknya, setiap setahun sekali periksalah cat dinding eksterior Anda.
Pertama, periksa keamanan rumah Anda. Beri perhatian khusus pada sambungan listrik di rumah. Jangan sampai Anda menemukan kabel dalam kondisi buruk, sambungan terbuka, dan kerusakan lainnya. Rumah yang tidak aman akan berkurang nilainya.

Kedua, usahakan rumah Anda memperhatikan keberlangsungan atau "keramahan" lingkungan. Seperti dikutip dalam Brightnest, rumah "ramah" lingkungan terjual lebih cepat dengan harga lebih mahal.

www.shutterstock.com Cat yang mengelupas berisiko membawa kerusakan lebih besar, termasuk pertumbuhan jamur. Sebelum lebih besar konsekuensinya, urus kerusakan tersebut sejak dini!
Pada 2010, rumah bersertifikasi ramah lingkungan terjual setelah berada di pasaran selama 97 hari. Umumnya, rumah baru terjual setelah 123 hari.

Ketiga, periksa eksterior rumah Anda, termasuk dinding dan atap. Setidaknya, setiap setahun sekali periksalah cat dinding eksterior Anda. Cat yang mengelupas berisiko membawa kerusakan lebih besar, termasuk pertumbuhan jamur. Sebelum lebih besar konsekuensinya, urus kerusakan tersebut sejak dini!

www.shutterstock.com Keempat, ketahui saluran air dan pipa-pipa di rumah Anda. Pipa yang bocor bisa mengakibatkan masalah serius dan mengeluarkan biaya mahal.
Keempat, ketahui saluran air dan pipa-pipa di rumah Anda. Pipa yang bocor bisa mengakibatkan masalah serius dan mengeluarkan biaya mahal.

Kelima, indungi lantai kayu Anda. Meski cantik dan mampu meningkatkan nilai rumah, lantai kayu juga butuh perhatian khusus. Lantai ini sensitif terhadap air, goresan, dan mampu menahan debu. Untuk itu, bersihkan lantai secara berkala!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber brightness
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com