Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisakah Anda Hidup di Kawasan Sepi Tanpa Ponsel dan Wi-Fi?

Kompas.com - 03/12/2013, 11:41 WIB
Latief

Penulis

Sumber Dailymail
KOMPAS.com — Di kawasan ini, telepon umum adalah satu-satunya pilihan terbaik untuk mencapai seluruh dunia. Pasalnya, untuk meraih sinyal ponsel, dibutuhkan satu jam perjalanan dengan mobil. Sementara itu, jaringan Wi-Fi dilarang. Radio pun statis.

Kawasan National Radio Quiet Zone (NRQZ) memang hanya dihuni kurang dari 200 warga. Area seluas 13.000 mil persegi atau setara 3,3 juta hektar ini benar-benar ketat karena undang-undang negara bagian dan federal mencegah penggunaan perangkat sehari-hari yang memancarkan gelombang elektromagnetik.

www.dailymail.co.uk Zona tenang ini bertujuan untuk melindungi teleskop radio sensitif di National Radio Astronomy Observatory dan fasilitas penelitian Angkatan Laut terdekat dari gangguan teknologi buatan manusia. Keheningan ini memungkinkan observatorium mendeteksi energi di luar angkasa yang setara dengan energi yang dipancarkan oleh kepingan salju yang jatuh ke permukaan tanah.
Zona tenang ini bertujuan untuk melindungi teleskop radio sensitif di National Radio Astronomy Observatory dan fasilitas penelitian angkatan laut terdekat dari gangguan teknologi buatan manusia. Keheningan ini memungkinkan observatorium mendeteksi energi di luar angkasa yang setara dengan energi yang dipancarkan oleh kepingan salju yang jatuh ke permukaan tanah.

Di kota ini, di saat para ilmuwan mendengarkan dengan saksama petunjuk dari alam semesta melalui perubahan struktur dan asal-usul, warga di kawasan ini mempertahankan gaya hidup "bebas teknologi", yang berbanding terbalik dengan kebanyakan orang Amerika.

www.dailymail.co.uk Satu-satunya siaran stasiun radio di jantung Quiet Zona ini merupakan bagian dari jaringan Radio Gunung Allegheny dan hanya satu stasiun di band AM, dan beberapa stasiun FM berdaya rendah.
Saat ini, lebih dari 90 persen orang dewasa Amerika memiliki ponsel. Namun, beberapa warganya mulai membebaskan diri dari perangkat nirkabel setelah pindah ke sini. Setelah itu, perangkat-perangkat teknologi canggih tersebut tak lagi ada gunanya, dan ternyata itu baik-baik saja untuk mereka.

Hipersensitivitas elektromagnetik

NRQZ didirikan oleh Komisi Komunikasi Federal AS pada 1958. Zona ini tidak melarang semua transmisi radio, terutama karena untuk tugas para polisi, kebutuhan ambulans, dan radio pemadam kebakaran yang digunakan di sana.

www.dailymail.co.uk Di kawasan ini, telepon umum adalah satu-satunya pilihan terbaik untuk mencapai seluruh dunia. Karena untuk meraih sinyal ponsel butuh satu jam perjalanan dengan mobil, sedangkan jaringan Wi-Fi dilarang. Radio pun statis.
Pengecualian diperbolehkan untuk sistem alarm dan peringatan cuaca ekstrem. Satu-satunya siaran stasiun radio di jantung Quiet Zona ini merupakan bagian dari jaringan Radio Gunung Allegheny dan hanya satu stasiun di band AM, dan beberapa stasiun FM berdaya rendah.

Daerah ini memang dikenal dengan orang-orang yang percaya bahwa mereka menderita hipersensitivitas elektromagnetik atau istilah bahwa mereka sedang terkena gelombang radio dari perangkat elektronik dengan beragam akibat masalah kesehatannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com