Kompas.com - 03/12/2013, 11:41 WIB
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com — Di kawasan ini, telepon umum adalah satu-satunya pilihan terbaik untuk mencapai seluruh dunia. Pasalnya, untuk meraih sinyal ponsel, dibutuhkan satu jam perjalanan dengan mobil. Sementara itu, jaringan Wi-Fi dilarang. Radio pun statis.

Kawasan National Radio Quiet Zone (NRQZ) memang hanya dihuni kurang dari 200 warga. Area seluas 13.000 mil persegi atau setara 3,3 juta hektar ini benar-benar ketat karena undang-undang negara bagian dan federal mencegah penggunaan perangkat sehari-hari yang memancarkan gelombang elektromagnetik.

www.dailymail.co.uk Zona tenang ini bertujuan untuk melindungi teleskop radio sensitif di National Radio Astronomy Observatory dan fasilitas penelitian Angkatan Laut terdekat dari gangguan teknologi buatan manusia. Keheningan ini memungkinkan observatorium mendeteksi energi di luar angkasa yang setara dengan energi yang dipancarkan oleh kepingan salju yang jatuh ke permukaan tanah.
Zona tenang ini bertujuan untuk melindungi teleskop radio sensitif di National Radio Astronomy Observatory dan fasilitas penelitian angkatan laut terdekat dari gangguan teknologi buatan manusia. Keheningan ini memungkinkan observatorium mendeteksi energi di luar angkasa yang setara dengan energi yang dipancarkan oleh kepingan salju yang jatuh ke permukaan tanah.

Di kota ini, di saat para ilmuwan mendengarkan dengan saksama petunjuk dari alam semesta melalui perubahan struktur dan asal-usul, warga di kawasan ini mempertahankan gaya hidup "bebas teknologi", yang berbanding terbalik dengan kebanyakan orang Amerika.

www.dailymail.co.uk Satu-satunya siaran stasiun radio di jantung Quiet Zona ini merupakan bagian dari jaringan Radio Gunung Allegheny dan hanya satu stasiun di band AM, dan beberapa stasiun FM berdaya rendah.
Saat ini, lebih dari 90 persen orang dewasa Amerika memiliki ponsel. Namun, beberapa warganya mulai membebaskan diri dari perangkat nirkabel setelah pindah ke sini. Setelah itu, perangkat-perangkat teknologi canggih tersebut tak lagi ada gunanya, dan ternyata itu baik-baik saja untuk mereka.

Hipersensitivitas elektromagnetik

NRQZ didirikan oleh Komisi Komunikasi Federal AS pada 1958. Zona ini tidak melarang semua transmisi radio, terutama karena untuk tugas para polisi, kebutuhan ambulans, dan radio pemadam kebakaran yang digunakan di sana.

www.dailymail.co.uk Di kawasan ini, telepon umum adalah satu-satunya pilihan terbaik untuk mencapai seluruh dunia. Karena untuk meraih sinyal ponsel butuh satu jam perjalanan dengan mobil, sedangkan jaringan Wi-Fi dilarang. Radio pun statis.
Pengecualian diperbolehkan untuk sistem alarm dan peringatan cuaca ekstrem. Satu-satunya siaran stasiun radio di jantung Quiet Zona ini merupakan bagian dari jaringan Radio Gunung Allegheny dan hanya satu stasiun di band AM, dan beberapa stasiun FM berdaya rendah.

Daerah ini memang dikenal dengan orang-orang yang percaya bahwa mereka menderita hipersensitivitas elektromagnetik atau istilah bahwa mereka sedang terkena gelombang radio dari perangkat elektronik dengan beragam akibat masalah kesehatannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.