Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sembunyikan Keburukan Rumah Anda!

Kompas.com - 29/11/2013, 17:54 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Jika Anda tinggal di dalam rumah kontrakan atau kos-kosan, mungkin Anda tidak puas dengan tampilannya. Sementara, Anda yang sudah punya rumah sendiri pun mungkin masih menganggap rumah Anda tidak sempurna.

Kontributor Houzz Becky Dietrich mengungkapkan, suka atau tidak suka, kebanyakan dari kita memang tidak tinggal di dalam rumah yang tampak sempurna dan fotogenik. Hanya mereka yang beruntung mampu memiliki dapur berkelas dunia, kamar mandi mewah, lantai kayu istimewa, dan dekorasi luar biasa. Namun, ilusi mampu buat rumah tampak lebih baik.

Dietrich memberikan beberapa contoh cara sederhana menyembunyikan faktor-faktor yang membuat rumah tampak canggung. Pertama, dia menunjukkan cara mengubah tampilan lantai.

"Area rugs merupakan kawan baik para penyewa rumah," ujar Dietrich.

www.houzz.com Anda juga bisa memanfaatkan lampu meja, lampu lantai, dan lampu gantung agar setiap bagian di dalam rumah Anda mendapat cahaya dalam jumlah yang cukup seimbang. Lampu meja dan lampu lantai merupakan solusi mudah menambahkan pencahayaan tanpa perlu mengubah konstruksi rumah.
Benar saja. Anda yang tinggal di rumah kontrakan tentu enggan mengganti lantai, meski lantai tersebut sudah kuno atau tampak terlalu pucat. Gunakan karpet berukuran besar untuk memberikan warna pada lantai sekaligus memperkaya tekstur di dalam ruangan!

Solusi selanjutnya adalah mengganti pencahayaan. Rumah lampu mampu memberikan perbedaan drastis pada ruangan Anda. Jangan ragu mengganti rumah lampu yang tidak Anda suka.

Bagi Anda yang tinggal di kontrakan atau di kos-kosan, Anda mungkin harus bertanya terlebih dahulu pada pemilik rumah sebelum mengganti pencahayaan di dalam rumah. Bila perlu, tambahkan lebih banyak lampu di rumah Anda hingga pencahayaan di dalamnya seimbang.

Anda juga bisa memanfaatkan lampu meja, lampu lantai, dan lampu gantung agar setiap bagian di dalam rumah Anda mendapat cahaya dalam jumlah yang cukup seimbang. Lampu meja dan lampu lantai merupakan solusi mudah menambahkan pencahayaan tanpa perlu mengubah konstruksi rumah.

Selain menambahkan karpet dan lampu, solusi lain untuk mengubah tampilan rumah Anda adalah memasang cermin. Cermin mampu membuat ilusi dan mengekspansi rumah Anda secara visual. Kuncinya sederhana, pastikan cermin tersebut merefleksikan sesuatu yang hangat dan terbuka, misalnya jendela.

Jika Anda merasa interior rumah, termasuk lantai, dinding, dan plafon rumah kekurangan warna, berinvestasilah pada perabotan beraneka warna. Warna sofa dan bantal sofa mencolok mampu membuat Anda "lupa" bahwa lingkungan sekitarnya sangat pucat. Gunakan teknik repetisi agar warna mencolok tersebut tidak tampak canggung.

www.houzz.com Jika Anda merasa interior rumah, termasuk lantai, dinding, dan plafon rumah kekurangan warna, berinvestasilah pada perabotan beraneka warna. Warna sofa dan bantal sofa mencolok mampu membuat Anda
Menghias dinding juga bisa membuat interior rumah lebih menarik. Dinding yang tidak diaci dengan sempurna, misalnya, bisa ditutup dengan papan gipsum kemudian dilapisi kembali dengan wallpaper.

Selain itu, dinding dapur juga bisa Anda hias dengan talenan. Gunakan pula rak-rak sederhana untuk menempatkan tanaman hijau. Tidak hanya sedap dipandang, tanaman hijau pun mampu memberikan efek positif dalam rumah. Misalnya, mengusir nyamuk, menambahkan oksigen, atau membuat rumah lebih harum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com