Kompas.com - 22/11/2013, 09:26 WIB
Chandelier ini terbuat dari kristal Svarosky. www.dezeen.comChandelier ini terbuat dari kristal Svarosky.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Chandelier umumnya menghiasi kastil-kastil mewah di seantero Eropa. Pantulan cantik kristal mampu menjadi sumber pencahayaan yang istimewa, mewah, lembut, dan menarik. Namun, sejak November 2013 ini, Château de Versailles di Prancis malah menggunakan sumber pencahayaan yang berbeda dari "pakem" pada umumnya.

Desainer asal Paris, Ronan & Erwan Bouroullec memasang chandelier karya mereka di area pintu masuk Château de Versailles. Lampu karya mereka lebih mirip dengan untaian kalung.

 
Lampu bernama Gabriel Chandelier ini merupakan karya seni kontemporer permanen pertama di Château de Versailles. Lampu unik tersebut menggantung di atas Gabriel Staircase.
 
Lampu ini terbuat dari kristal Swarovski sebanyak 800 modul kristal. Tidak hanya tampak luar biasa dengan ukuran setinggi 12 meter, lampu ini pun menggunakan teknologi LED. 
 
"Tampaknya bagi kami, kristal merupakan pilihan terbaik karena secara historis, semua chandelier di Versailles dibuat dengan material ini," ujar para desainer.
 
Penggunaan karya Ronan & Erwan Bouroullec berawal dari kompetisi yang diluncurkan pada 2011 oleh Public Administration of the Palace, Museum and State Property Department bagi Versailles. Karya perusahaan desain kelas dunia ini begitu rapuh, namun kompleks.

Chandelier unik ini mengawinkan keindahan kristal dan cerdasnya pencahayaan inovatif.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.