Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamat... 4 Karya Arsitektur Masuk Penemuan Terbaik Versi TIME!

Kompas.com - 21/11/2013, 12:17 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Menyambut akhir tahun 2013, majalah TIME merilis daftar 25 penemuan menarik dan penting dari seluruh dunia. Seperti dilansir Archdaily.com, sebagian penemuan tersebut merupakan penemuan menarik dan sebagian lainnya penting untuk perkembangan ilmu pengetahuan.

Ternyata, dari ke-25 karya terpilih itu, empat karya diantaranya berasal dari bidang arsitektur. Beberapa karya itu bahkan pernah ditulis KOMPAS.com.

Salah satu karya menarik pernah ditulis KOMPAS.com adalah +Pool. Kolam renang yang didesain oleh Family dan Playlab di Sungai Hudson, New York, Amerika Serikat, ini merupakan gabungan dari kemajuan teknik konstruksi dan ambisi para warganya.

www.archdaily.com Salah satu karya menarik pernah ditulis KOMPAS.com adalah Pool. Kolam renang yang didesain oleh Family dan Playlab di Sungai Hudson, New York, Amerika Serikat, ini merupakan gabungan dari kemajuan teknik konstruksi dan ambisi para warganya.
Kolam renang +Pool berhasil membuktikan bahwa warga kota semodern New York pun bisa bergotong royong (Baca: Kolam "Plus-plus" Ini Dibiayai Publik!). Para warga itu setidaknya rela mengumpulkan dana sebesar 15 juta Dolar AS untuk kepentingan bersama. Kolam renang yang rencananya rampung dibangun pada 2016 itu akan memberikan kesempatan bagi warga New York untuk berenang dalam air sungai bersih untuk pertama kalinya dalam seabad.

Penemuan penting lain di bidang arsitektur versi TIME adalah Infinity Tower. Pencakar langit karya GDS Architects ini akan berdiri di Seoul, Korea Selatan. Gedung ini tampak seperti perpaduan antara Monas di Jakarta dan Monumen Washington di Washington DC, Amerika Serikat.

www.dailymail.co.uk Memiliki tinggi 450 meter dengan struktur kaca, Infinity Tower akan menggunakan rangkaian pancahayaan light emitting diode (LED) dan kamera berteknologi untuk menghasilkan
Namun, bukan bentuk gedung itu yang menempatkannya masuk dalam daftar TIME. Fitur gedung yang mampu mengejutkan publik adalah kemampuannya menjadi gedung tidak terlihat atau invisible skyscraper (Baca: Di Infinity Tower, "Kesaktian" David Copperfield Luntur!). Dengan menggunakan kamera dan teknologi LED, gedung yang akan menjadi bangunan tertinggi di Seoul ini akan "menghilang" begitu saja. Pembangunan gedung ini ditargetkan rampung tiga hingga empat tahun mendatang.

Sementara itu, karya ketiga adalah Paviliun Solar Volvo yang dibuat oleh Synthetic Design+Architecture (SDA). SDA memenangkan kompetisi "Switch to Pure Volvo" karena desainnya mengikutsertakan struktur ringan bagi karport dan alat pengisi baterai bagi mobil hybrid Volvo V60. Dengan bentuk futuristik dan penggunaan panel surya, desain ini memang tampak dan berfungsi istimewa.

www.archdaily.com Bisa dikatakan, 3Doodler merupakan gabungan esensial dari printer tiga dimensi dan sebuah pena. Dengan alat ini, siapa pun bisa menggambar sketsa tiga dimensi di mana pun.
Adapun karya terakhir adalah 3Doodler. Karya ini sebenarnya tidak termasuk dalam daftar kategori karya arsitektur, namun lebih tepat alat arsitektur.

Bisa dikatakan, 3Doodler merupakan gabungan esensial dari printer tiga dimensi dan sebuah pena. Dengan alat ini, siapa pun bisa menggambar sketsa tiga dimensi di mana pun.

Dalam kampanye Kickstarter-nya, 3Doodler berhasil mengumpulkan dana sebesar 2.344.134 Dolar AS. Padahal, tim yang menginisiasikan proyek ini hanya menargetkan dana terkumpul sebanyak 30.000 Dolar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com