Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kolam "Plus-plus" Ini Dibiayai Publik!

Kompas.com - 29/06/2013, 17:38 WIB
Tabita Diela

Penulis


KOMPAS.com - Ide pembuatan kolam ini "lahir" dari keinginan penduduk New York untuk merasakan nikmatnya berekreasi dengan cara berenang di sungai. Mereka adalah Archie, Jeff, dan Don, bekerja sama dengan perusahaan desain serta teknik internasional ARUP untuk menciptakan "+pool".

Ini merupakan fasilitas penyaringan air mengapung rekreasional pertama di dunia. Struktur berlapisnya didesain khusus untuk menyaring lebih dari setengah juta galon air setiap harinya. Fasilitas ini diberi nama "+pool" lantaran bentuknya menyerupai simbol "+". Selain bentuknya,  kegunaannya pun unik.

Kolam ini dapat mengakomdoasi kegiatan rekreasional dan olahraga. Mulai dari para atlet, orang dewasa pada umumnya, hingga anak-anak kecil. Uniknya, tidak hanya dapat dinikmati, publik juga memiliki kesempatan berpartisipasi dalam pembuatannya.

Setiap orang yang memberikan donasi sebesar 25 dollar AS (Rp 247.525) akan mendapatkan kesempatan untuk menuliskan nama atau pesan pribadinya pada sebongkah balok pembuat kolam ini. Selain itu, sebagai ucapan terimakasih, para penyumbang juga akan menerima tiket gratis untuk berenang di dalam kolam istimewa ini selama pra-pembukaannya.

Dengan terbukanya partisipasi tersebut, "+pool"  menjadi proyek terbesar yang dibiayai publik, setidaknya di New York, Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com