Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bungker Mewah Berisi Hanggar dan Lapangan Basket

Kompas.com - 22/05/2013, 11:58 WIB

KOMPAS.com — Mendengar istilah rumah mewah, siapa pun dapat langsung membayangkan adanya kolam renang, pusat kebugaran, lapangan basket, atau bahkan hanggar pesawat di area rumah tersebut. Kini, semua kemewahan itu tampaknya juga menjadi fasilitas eksklusif bagi bungker-bungker mewah.

Demikian hal itu disampaikan Direktur Marketing Rising S Company Brad Roberson. Perusahaannya membuat dan memasang bungker-bungker komersial pesanan khusus.

"Anda dapat memiliki semua fasilitas penting milik Anda, ada televisi, perlengkapan bervoltase tinggi, ruang hortikultura untuk menanam sayuran, dan kamar mandi lengkap, dan fasilitas lainnya. Kami tidak membatasi apa yang dapat dilakukan oleh orang-orang," ujar Roberson.

Selain fasilitas-fasilitas itu, bungker juga dapat dibuat memiliki pintu-pintu rahasia, jalan-jalan tersembunyi, panic room, dan kaca tahan peluru. Namun, tentu saja batasannya tetap ada. Anda dapat memesan bungker dengan berbagai kekhususan tertentu, tetapi juga harus berani membayarnya dengan harga sesuai.

Roberson juga mengatakan, sebuah bungker dengan ukuran 3 meter x 6 meter memiliki harga sekitar 54.000 dollar AS atau sekitar Rp 529,4 juta. Namun, harga itu dapat melambung hingga sekitar 10 juta dollar AS atau Rp 98 miliar, terutama jika Anda menginginkan bungker dengan ukuran hingga 9.000-an meter persegi.

Dia menuturkan, perusahaannya baru saja membuat bungker perlindungan di Colorado, Amerika Serikat, seharga 8 juta dollar AS. Dengan harga itu, mereka mampu membangun bungker dengan ukuran 15.000 meter persegi dan dilengkapi berbagai fasilitas kamuflase, termasuk elevator dan jalan landai samaran. Di atas bungker itu terdapat sebuah kabin sebagai safety house.

"Semua yang ada di permukaan tanah berkamuflase dengan adanya lumbung tua di atasnya," ujar Roberson.

"Sang pemilik punya lapangan basket dan hanggar pesawat yang cukup menampung dua pesawat Cessna sekaligus. Hanggar ini akan membuka ke arah bukit atau gunung. Ia juga memiliki pusat kebugaran berukuran besar dan 22 kamar. Ia memiliki keluarga besar," tambahnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com