Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sampai Desember... BTN Tawarkan KPR Tanpa Uang Muka!

Kompas.com - 20/11/2013, 16:15 WIB
Tabita Diela

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum DPP APERSI versi Munas Pontianak, Eddy Ganefo, mengungkapkan bahwa selama ini masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dapat membeli rumah dengan memanfaatkan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dengan uang muka sebesar 10 persen. Namun, adanya kebijakan skema pembiayaan perumahan khusus bagi MBR baru dari Bank Tabungan Negara (BTN) membuat MBR dapat membeli rumah tanpa uang muka.

Demikian dia sampaikan seusai Dialog Nasional Perumahan Rakyat yang diselenggarakan dalam rangka ulang tahun asosiasi tersebut di Jakarta, Selasa (20/11/2013). Bagi MBR, lanjut Eddy, uang muka 10 persen dari harga rumah akan semakin berat jika harga rumah meningkat. Karena itu, ia berharap adanya program stimulus percepatan realisasi baru KPR Sejahtera FLPP 2013 dari BTN mampu memicu penjualan dan penyerapan rumah bersubsidi.

Saat ini BTN menawarkan KPR tanpa uang muka (0 persen uang muka) bagi PNS dan peserta Jamsostek serta masyarakat umum yang membutuhkannya. Bagi PNS dan peserta Jamsostek, mereka membutuhkan rekomendasi dari TBUM Bapertarum, sementara peserta Jamsostek dari PUM-KB. Pembayaran angsuran keduanya akan langsung dilakukan lewat pemotongan gaji melalui payroll di BTN atau secara kolektif.

Sementara itu, bagi masyarakat umum yang membutuhkan, BTN memberikan syarat adanya dana diendapkan dalam tabungan sebesar 5 persen dari harga jual rumah selama waktu kredit. Masyarakat juga perlu melengkapi dokumen berupa akta gadai dan Surat Kuasa Pendebetan Dana Tabungan untuk mengurangi pokok kredit.

Adapun gimmick pemasaran dari BTN yang berperan sebagai stimulus ini hanya akan berlaku hingga akhir Desember tahun ini, namun diperkirakan akan berlanjut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com