Membagi Ruang Tanpa Dinding? Simak Cara Ini...

Kompas.com - 15/11/2013, 13:10 WIB
KOMPAS.com - Sebagian orang merasa, mengatur interior rumah dengan konsep open space merupakan solusi yang tepat. Pengaturan rumah semacam ini terbuka. Jadi, meski luas rumah tidak terlalu besar, namun interiornya tetap terasa lega dan segar.

Sayangnya, pengaturan semacam ini juga membawa tantangan. Konsep terbuka berarti juga minim sekat. Lantas, bagaimana cara membagi ruang tanpa sekat, apalagi dengan dinding? Kontributor Houzz.com Jen Dalley punya jawabannya.   

 
Dalley menyarankan Anda mengubah ketinggian lantai untuk membedakan atau menonjolkannya dari area lain. Meski tidak ada dinding, perbedaan ketinggian membuat area tersebut tampak atau terasa istimewa. Tidak hanya meninggikan satu area. Anda juga bisa "menenggelamkan" area tersebut, membuatnya lebih rendah dari area lain. Cara ini membuat area tersebut terasa lebih intim dan menenangkan.
 
Cara kedua merupakan kebalikannya. Alih-alih membuat area panggung atau "menenggelamkan" satu area tertentu, berikan aksen berbeda pada plafon. Ada beberapa cara untuk memberikan aksen berbeda pada plafon. Dalley mencontohkan penggunaan aksen kayu. Tidak hanya bagian plafon, dinding yang menempel pada area plafon ditutup dengan papan kayu. Menempatkan aksen ini dalam ruangan yang dipenuhi warna putih, memberikan kesan hangat tersendiri, sekaligus mengkhususkan area tersebut dan memisahkannya dari area lain.
 
Jika Anda tidak ingin menambahkan material baru pada ruangan tersebut, Anda bisa menggunakan cat. Pilihlah warna yang dramatis dan pertahankan konsistensi warna tersebut dari dinding ke plafon. Anda pun bisa "membagi" ruangan dengan membuat plafon hias dari papan gipsum. Buat efek drop ceiling dan sempurnakan dengan memasang pencahayaan yang menarik.
 
Dalley juga mencontohkan cara lain untuk membagi ruangan. Dia membagi ruangan dengan memanfaatkan "layar" atau sekat yang tidak menutup satu area dengan sempurna. Cara ini membuat Anda masih bisa melihat area di balik sekat, namun ada rasa terpisah dari area tersebut. Anda bisa menggunakan perpaduan antara kaca dan besi atau besi dengan kayu. Rak buku pun bisa Anda manfaatkan. Kuncinya adalah tetap memberikan akses visual antar-ruang.
 
Terakhir, Dalley mengusulkan untuk membagi area dengan menggunakan penutup lantai berbeda. Hanya dengan menggunakan material atau bahkan warna berbeda, misalnya parket untuk dapur dan marmer untuk ruang makan, Anda bisa membagi kedua ruang tersebut. Cara yang lebih tidak permanen bisa Anda lakukan dengan menggunakan area rug



Sumber Houzz.com
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X