Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak! Siasat Pencahayaan di Ruang Privat

Kompas.com - 14/11/2013, 12:05 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Kamar tidur adalah tempat istimewa untuk beristirahat, mencari inspirasi, bahkan menemukan ketenangan jiwa setelah seharian berpacu dengan target, emosi, dan berbagai rutinitas.

Tidak sedikit orang yang begitu berhati-hati dalam memilih ornamen dekorasi di dalam kamar tidurnya. Jika saat ini Anda tengah memilih pencahayaan yang tepat bagi kamar tidur, cobalah memilih berdasarkan beberapa pertimbangan berikut ini.

Pertama, perhatikan tipe pencahayaan yang Anda inginkan dan butuhkan di kamar tidur. Pencahayaan ini bisa jadi cara yang pas untuk menambahkan unsur menyenangkan dan unik sebagai penghias kamar. Lampu meja di sisi tempat tidur adalah pilihan klasik. Dengan pilihan ini, Anda bisa menyediakan pencahayaan seimbang dan simetris. Namun, Anda juga bisa mendapatkan efek yang sama dengan menggunakan lampu gantung di kedua sisi tempat tidur.

Untuk menambahkan kilauan lembut di dalam kamar tidur, menambahkan sumber pencahayaan lain juga ide yang baik. Anda bisa menambahkan satu lampu chandelier tepat di titik tengah ruangan sebagai sumber cahaya utama. Kemudian, tambahkan lampu dinding untuk menambahkan suasana. Lampu dinding hanya akan menerangi sudut-sudut tertentu yang tidak dapat dicapai lampu dari plafon. Lampu lantai yang tinggi dan dapat berdiri sendiri tanpa meja pun bisa Anda manfaatkan untuk efek ini.

Kedua, pertimbangkan bagaimana setiap lampu yang Anda pilih tersebut akan digunakan dalam kamar. Tidak semua lampu cocok diletakkan di sisi tempat tidur. Tidak semua sudut kamar juga cocok sebagai tempat lampu bertudung (shade) besar. Selain itu, pastikan juga ada sumber listrik (stop kontak) tidak jauh dari tempat Anda ingin menaruh lampu.

Ketiga, pertimbangkan jumlah cahaya yang diinginkan di setiap sudut kamar tidur. Memberikan lapisan cahaya, seperti menyediakan beberapa sumber pencahayaan, mampu menyediakan jumlah cahaya sesuai dengan keinginan. Jika Anda punya area kerja di kamar tidur, pastikan lampu meja atau lampu lantai tidak jauh dari area tersebut agar Anda lebih mudah bekerja.

Keempat, pertimbangkan gaya dekorasi kamar. Pencahayaan merupakan bagian penting yang dapat membangun gaya dekorasi. Anda tentu ingin membuat kamar tidur mengalir. Jenis rumah lampu, kekuatan lampu, dan cara Anda mengaturnya akan sangat berpengaruh. Misalnya kamar bergaya industrialis. Menggunakan rumah lampu khas pabrik atau lampu studio akan tampil serasi dengan dekorasi berwarna hitam dan beton ekspos.

Terakhir, cek di mana Anda menempatkan tombol untuk menyalakan dan mematikan lampu. Terlalu jauh menempatkan tombol lampu di kedua sisi tempat tidur, misalnya di dekat pintu, bisa menyulitkan. Sebaiknya, letakkan tombol lampu baca di kedua sisi tempat tidur tidak jauh dari lampunya. Namun, Anda bisa menempatkan tombol lampu di dekat pintu untuk lampu yang diletakkan di plafon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com