Mendesain "Lapangan Hijau" ke dalam Apartemen

Kompas.com - 30/10/2013, 10:36 WIB
Perusahaan arsitektur ini melakukan cara unik dengan www.designboom.comPerusahaan arsitektur ini melakukan cara unik dengan "membawa" lapangan hijau ke dalam apartemen. Karyanya ini mampu membuat penguni apartemen serasa tidur di tengah lapangan.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Madrid merupakan salah satu kota terpadat di Spanyol, bahkan di seluruh dunia. Namun, sama seperti penduduk di daerah lain yang angka kepadatannya jauh lebih rendah, penduduk Madrid pun ingin matanya dimanjakan dengan segarnya warna tanaman hijau.

Untuk itulah, perusahaan arsitektur asal Spanyol, OHLAB, berupaya mewujudkan hal itu dengan cara yang cerdik. OHLAB membawa "lapangan hijau" ke dalam apartemen ini.

Cara tersebut dilakukan OHLAB ketika mendesain sebuah penthouse atau griya tawang di kota tersebut. Griya tawang tersebut memiliki dua lantai. Lantai pertamanya terdiri dari dapur, ruang makan, ruang kerja, ruang keluarga, lemari pakaian, dan kamar mandi. Sementara lantai kedua yang berkonsep mezanin digunakan sebagai kamar tidur. Tanpa sekat, di dalam kamar tidur juga terdapat bath tub untuk digunakan pemiliknya mandi sembari menikmati pemandangan di luar griya tawang.

www.designboom.com Sementara itu, di lantai dasar juga terdapat kamar mandi yang memiliki dua pintu kaca. Satu pintu mengarah ke dalam griya tawang, dan pintu lainnya langsung mengarah ke teras. Jika dibuka, penghuninya akan merasa seperti mandi di udara terbuka.
Memang, meski griya tawang yang didesain oleh OHLAB ini relatif lebih besar dari apartemen pada umumnya, mendesain interior mengikuti keinginan pemiliknya juga sebuah tantangan. Pasangan pemilik griya tawang ini ingin kamar mandi yang menggabungkan konsep kamar mandi luar ruangan dan dalam ruangan.

Mereka juga ingin sarapan sembari melihat pemandangan kota, piknik di taman, bermain golf di rumah, mandi di daerah pedesaan, memasak di tengah rumah, memiliki bar cocktail dan menikmatinya di sore hari, makan malam di bawah sinar bulan dan bintang, bahkan memiliki teater di ruang keluarga.

www.designboom.com Tak jauh dari bath tub tersebut, pemiliknya bisa langsung bermain golf di teras yang hanya dipisahkan dengan pintu kaca.
Untuk mengakomodir berbagai permintaan ini, OHLAB membagi rumah ini menjadi dua, yaitu lantai dasar dan lantai mezanin. Di lantai dasar, OHLAB menggunakan tiga gorden sebagai partisi.

Gorden tersebut terbuat dari kulit berwarna putih tersebut menyembunyikan ruang kerja, dapur, dan lemari pakaian pada salah satu sudut ruangan. Ketika ditutup, penghuni griya tawang ini bisa menggunakan gorden tersebut sebagai layar proyektor.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

www.designboom.com Sementara itu, di lantai dasar juga terdapat kamar mandi yang memiliki dua pintu kaca. Satu pintu mengarah ke dalam griya tawang, dan pintu lainnya langsung mengarah ke teras. Jika dibuka, penghuninya akan merasa seperti mandi di udara terbuka.
Sementara itu, di lantai dasar juga terdapat kamar mandi yang memiliki dua pintu kaca. Satu pintu mengarah ke dalam griya tawang, dan pintu lainnya langsung mengarah ke teras. Jika dibuka, penghuninya akan merasa seperti mandi di udara terbuka.
 
Lantai kedua griya tawang ini lebih intim dan lebih unik. Lantainya ditutup dengan karpet menyerupai rumput di lapangan bola.

Tepat di ujung tempat tidur, OHLAB menaruh bath tub. Tak jauh dari bath tub tersebut, pemiliknya bisa langsung bermain golf di teras yang hanya dipisahkan dengan pintu kaca. Dengan kata lain, OHLAB berhasil mengakomodir semua keinginan pemilik rumah dengan cara tidak biasa.

Anda tertarik menirunya?



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X