Yakin, Rumah Anda "Berhantu"? Perhatikan Hal Berikut...

Kompas.com - 28/10/2013, 13:24 WIB
Pintu bergerak tanpa ada angin di sekitar rumah, kemungkinan karena perubahan temperatur dan tekanan udara serta ukuran yang tak pas. msn.comPintu bergerak tanpa ada angin di sekitar rumah, kemungkinan karena perubahan temperatur dan tekanan udara serta ukuran yang tak pas.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com — Pernahkah Anda melihat pintu rumah terbuka tanpa ada orang yang menggesernya? Pernahkah Anda merasa ada udara dingin tiba-tiba menyelimuti ruangan tempat Anda berada? Ternyata ada penjelasan logis untuk segala hal tidak biasa, yang terjadi di rumah Anda.

Jika pintu rumah terbuka secara tiba-tiba, maka Anda mungkin segera menebak bahwa angin yang mendorong pintu tersebut. Masalah baru muncul ketika Anda tidak merasa adanya angin berembus. Namun, pintu yang bergerak sendiri bisa terjadi karena beberapa hal lain. Tanpa angin kencang sekalipun, pintu dapat bergerak ketika tekanan udara di dalam rumah berubah. Misalnya, ketika pintu lain di dalam rumah tertutup atau terbuka. Selain itu, pintu yang tidak dibuat dengan sempurna pun dapat membuatnya bergerak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Faktor lain, perubahan udara yang drastis di dalam ruangan. Menurut psikolog James Houran, peneliti di Dallas dan editor Hauntings and Poltergeists: Multidiciplinary Perspectives, tingkat pencahayaan berbeda atau kontras yang kuat, cahaya terang di satu ruangan dan pojok gelap di sisi lain, dapat menipu pikiran Anda.

Houran menekankan, perbedaan yang begitu kontras bisa membuat ruangan tampak lebih dingin. Namun, insulasi ruangan yang buruk dapat berakibat adanya perubahan temperatur. Penggunaan pendingin udara di salah satu ruangan yang terhubung dengan tempat Anda berada pun bisa menyebabkan hal ini. Terutama, jika seseorang membuka pintu ruangan tersebut dan membiarkannya terbuka beberapa menit.

Dalam beberapa kesempatan, Anda mungkin mendengar suara-suara tak dikenal (bahkan suara yang Anda kenal). Houran mengatakan, otak yang kekurangan istirahat atau berada dalam tekanan emosi seperti otak pengguna obat-obatan (terlarang) bisa menjadi penyebab. Dengan kata lain, suara yang Anda dengar bisa jadi "dihasilkan" oleh kepala Anda sendiri. Kemungkinan lain bisa dihasilkan oleh radio atau akuarium. Udara dalam akuarium bisa terdengar seperti suara manusia.

Sementara itu, suara-suara langkah, garukan, atau ketukan bisa terjadi karena beberapa hal. Pertama, tetangga. Anda tentu tidak tahu apa yang mereka kerjakan tengah malam. Namun, Anda hanya berasumsi bahwa mereka sudah tidur. Kedua, mungkin beberapa bagian di rumah Anda, seperti plafon atau gudang, penuh dengan binatang pengerat dan serangga. Tikus, kucing, kecoak, dan rayap bisa menimbulkan bunyi-bunyian mencurigakan. Terakhir, suara-suara tersebut bisa berasal dari pipa di rumah Anda.

Mungkin Anda merasa kulit, telinga, dan pikiran bisa menipu. Namun, sering kali sulit menepis kenyataan bahwa mata sendiri telah menipu Anda. Ternyata medan elektromagnetik atau EMF, radiasi frekuensi rendah dari telepon genggam, perlengkapan elekronik, stop kontak, dan matahari dapat menciptakan halusinasi. Menurut Real Simple, efek yang dihasilkan EMF pada manusia berhasil memanipulasi pola listrik dalam otak memang masih menuai kontroversi.

Kemungkinan lain adalah perpaduan cahaya terang, pojok gelap, dan ketakutan berlebihan pemilik rumah. Selain itu, gejala kerusakan mata dan katarak juga mampu menimbulkan berbagai "penglihatan."



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.