Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Mengenal Ragam Material Bak Rendam!

Kompas.com - 09/10/2013, 07:06 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Kamar mandi kini tidak hanya digunakan sebatas membersihkan diri atau melakukan kewajiban-kewajiban biologis. Beberapa tokoh bahkan menganggap kamar mandi sebagai satu-satunya ruang pribadi yang masih tersisa bagi manusia urban. Di tempat ini, seseorang bisa melakukan banyak hal, seperti merenung, bahkan menikmati kemewahan gastronomis. 

Terlebih bila di dalamnya terdapat bak rendam (bath tub). Siapa pun bisa membayangkan nyamannya berendam di air hangat, merasa aman dalam kubangan air bersih dan nyaman dalam di dalamnya. Namun tidak semua orang akrab dengan material-material bathtub selain akrilik, plastik, atau marmer. Berikut ini beberapa jenis bathtub lain dengan bentuknya yang khas.
 
Salah satu material pembuat bathtub adalah kayu. Biasanya, kayu ini sudah dilapisi dengan material anti-air. Material ini umumnya mampu menyeimbangkan dinginnya lantai kamar mandi yang terbuat dari ubin atau bebatuan. Kontributor Houzz Shane Inman mengungkapkan, bathtub yang terbuat dari kayu tampil cantik dengan dekorasi kamar mandi bernuansa Asia.
 
Kayu juga bisa digunakan untuk membuat bathtub menyerupai gentong-gentong (barrel) tempat fermentasi anggur. Bath tub semacam ini umumnya berukuran besar dan mampu menampung lebih dari satu orang.
 
Material lain yang jarang, namun bisa digunakan sebagai bathtub adalah tembaga. Bahan alami ini relatif kuat. Selain itu, kilaunya juga memberikan kesan mewah bagi kamar mandi mandi. 
 
Selain kedua material ini, Anda tentu sudah sering mendengar bathtub yang terbuat dari marmer. Meski marmer dikenal sebagai material umum dan tradisional dalam kamar mandi, pemilihan bentuk bisa menjadi faktor yang membuat bathtub tersebut tampak istimewa. Bentuk melengkung seperti mangkuk, misalnya, membuat kamar mandi tidak tampak kaku.
 
Selanjutnya, bathtub yang terbuat dari kaca. Meski terbilang sederhana, tampilan tembus pandangnya justuru membuat menjadi fitur unik dalam kamar mandi. Pastikan saja setiap sambungan telah disegel dengan pengaman khusus kaca.
 
Besi nirkarat (stainless steel) juga bisa dimanfaatkan. Selain kuat dan mudah dirawat, air hangat di dalam bath tub stainless steel  bisa tahan lebih lama. Jadi, material apa yang akan Anda gunakan di dalam kamar mandi?
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com