Kompas.com - 24/10/2013, 18:17 WIB
Gedung kantor pusat CCTV digubah menjadi lukisan propaganda. www.designboom.comGedung kantor pusat CCTV digubah menjadi lukisan propaganda.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Beijing Design Week kembali digelar. Kali ini bertajuk "Masa Depan yang Indah" atau "The Beautiful Future". Lukisan-lukisan yang dipamerkan sebagian besar merupakan gedung unik, landmark Kota Beijing, seperti Stadion Olimpiade The Bird's Nest, Pusat Akuatik Nasional Beijing, serta Kantor Pusat CCTV buatan OMA. Uniknya, lukisan-lukisan tersebut digubah dengan menggunakan gaya khas lukisan propaganda.

Pameran tersebut digagas oleh dua ekspatriat dari Barat, Nick Bonner dan Dominic Johnson-Hill. Keduanya sudah menetap di Beijing selama 20 tahun. Mereka mengajak beberapa seniman asal Korea Utara untuk ikut serta dalam pameran yang diselenggarakan pada 21 September 2013 hingga 3 Oktober 2013 lalu di Beijing Chaoyang District, Cao Chang Di Art District, Red 1 C4 Beijing Space Gallery.

Setiap karya lukisan yang berisi gedung-gedung tengara Beijing tersebut dibuat di Pyongyang, Korea Utara, oleh para seniman lokal. Semuanya dibuat berdasarkan sketsa dari Bonner dan Johnson-Hill.

Menurut situs Koryogroup.com, Bonner dan Johnson-Hill ingin menangkap nuansa sebuah lokasi yang "hilang dalam waktu" (lost in time). Mereka ingin menyatukan tantangan di masa lalu dengan masa kini yang dinamis, dan harapan akan masa depan cerah.

Sebagai orang luar, Bonner, Johnson-Hill, dan beberapa seniman Korea Utara (tidak disebutkan para seniman yang terlibat) memberikan pandangan unik penggabungan antara tradisi sosialis China diposisikan berdampingan dengan gegap-gempita masa kini, dan "berhala-berhala" modern.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.