Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nikmati, "Berhala" Modern Propaganda China!

Kompas.com - 24/10/2013, 18:17 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Beijing Design Week kembali digelar. Kali ini bertajuk "Masa Depan yang Indah" atau "The Beautiful Future". Lukisan-lukisan yang dipamerkan sebagian besar merupakan gedung unik, landmark Kota Beijing, seperti Stadion Olimpiade The Bird's Nest, Pusat Akuatik Nasional Beijing, serta Kantor Pusat CCTV buatan OMA. Uniknya, lukisan-lukisan tersebut digubah dengan menggunakan gaya khas lukisan propaganda.

Pameran tersebut digagas oleh dua ekspatriat dari Barat, Nick Bonner dan Dominic Johnson-Hill. Keduanya sudah menetap di Beijing selama 20 tahun. Mereka mengajak beberapa seniman asal Korea Utara untuk ikut serta dalam pameran yang diselenggarakan pada 21 September 2013 hingga 3 Oktober 2013 lalu di Beijing Chaoyang District, Cao Chang Di Art District, Red 1 C4 Beijing Space Gallery.

Setiap karya lukisan yang berisi gedung-gedung tengara Beijing tersebut dibuat di Pyongyang, Korea Utara, oleh para seniman lokal. Semuanya dibuat berdasarkan sketsa dari Bonner dan Johnson-Hill.

Menurut situs Koryogroup.com, Bonner dan Johnson-Hill ingin menangkap nuansa sebuah lokasi yang "hilang dalam waktu" (lost in time). Mereka ingin menyatukan tantangan di masa lalu dengan masa kini yang dinamis, dan harapan akan masa depan cerah.

Sebagai orang luar, Bonner, Johnson-Hill, dan beberapa seniman Korea Utara (tidak disebutkan para seniman yang terlibat) memberikan pandangan unik penggabungan antara tradisi sosialis China diposisikan berdampingan dengan gegap-gempita masa kini, dan "berhala-berhala" modern.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com